Jakarta (ANTARA) - Montenegro mengamankan tiket promosi dari Divisi C UEFA Nations League berkat kemenangan 4-0 atas tamunya Siprus, dalam pertandingan putaran terakhir Divisi C Grup 3 (C3) yang dimainkan di Gradski Stadion Podgorica, Selasa waktu setempat (Rabu dini hari WIB).

Kemenangan itu membawa Montenegro memuncaki klasemen dengan koleksi 13 poin, unggul tiga poin atas tim peringkat kedua Luxemburg yang bermain imbang tanpa gol dengan Azerbaijan. Sedangkan Siprus harus menjalani playoff degradasi setelah berada di dasar klasemen dengan empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Siprus sempat mengancam terlebih dahulu saat Andronikos Kakoulli melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti Montenegro, yang masih dapat ditahan kiper Milan Mijatovic.

Ancaman langka itu langsung dibalas oleh Montenegro, mereka membuka keunggulan pada menit ke-14 saat Marko Vukcevic mengirimkan umpan silang yang ditanduk dengan sempurna oleh Stefan Jovetic.

Baca juga: Gibraltar dan Kep. Faroe raih tiket promosi ke Divisi C Nations League
Baca juga: Swedia terdegradasi dari Divisi A setelah ditaklukkan Prancis 2-4


Gawang Siprus kembali kemasukan pada menit ke-25. Diawali dari bola tendangan sudut Siprus yang disapu Jovetic, bola kemudian dikuasai oleh Sead Haksabanovic untuk diteruskan kepada Aleksandar Boljevic. Pemain 24 tahun itu mampu tetap tenang untuk menyelesaikan peluang dan melesakkan gol kedua ke gawang Demetris Demetriou.

Boljevic kemudian mengemas gol keduanya pada menit ke-28. Jovetic jeli melihat pergerakan Boljevic di sayap kanan, dan mengirimkan umpan untuk dimaksimalkan Boljevic.

Setelah berulang-ulang mengancam gawang Siprus, Montenegro mendapatkan gol keempatnya pada menit ke-60. Jovetic kembali berperan sebagai pengumpan, yang mengirimkan bola melewati dua bek tengah lawan, dan Stefan Mugosa sempat menyentuh bola sebelum melesakkan bola ke gawang lawan.

Pertandingan pamungkas lain di C3 antara Luksemburg menjamu Azerbaijan berakhir dengan skor imbang 0-0. Hasil itu membuat Luksemburg mengakhiri petualangannya di UEFA Nations League tahun ini sebagai tim posisi kedua di grup, sedangkan Azerbaijan di posisi ketiga.

Baca juga: Spanyol cukur Jerman 6-0 untuk melangkah ke empat besar Nations League
Baca juga: Timnas Ukraina dikarantina, laga Nations League kontra Swiss batal
Baca juga: Courtois tegaskan Belgia tidak remehkan Denmark

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020