Jakarta (ANTARA) - Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) dipercaya membantu kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di salah satu dari lima destinasi wisata unggulan, yakni Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Kegiatan Dekranas bersama seluruh persatuan istri tentara bertujuan untuk meningkatkan UMKM masyarakat di lima wilayah destinasi pariwisata," kata Ketua Umum Persit KCK Hetty Andika Perkasa, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.

Kelima destinasi tersebut, yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Labuan Bajo (NTT), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri pembukaan pelatihan wirausaha baru secara virtual pada wilayah Danau Toba yang dipercayakan kepada Persit Jalasenastri (TNI AL).

Kegiatan yang dilakukan Dekranas untuk melatih UMKM itu merupakan kerja sama yang didukung oleh persatuan istri tentara dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Telkom.

Pemilik nama lengkap Diah Erwiany Trisnamurti itu mengungkapkan pelatihan UMKM tersebut bertujuan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Dengan adanya pelatihan yang ditujukan untuk membantu UMKM budaya daerah itu, istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa itu berharap selain dapat menjadi pemasukan kepada diri pribadi, juga sebagai bentuk membantu perekonomian Indonesia di masa pandemi COVID-19.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020