Indonesia kembali terima bantuan COVID-19 senilai Rp120 miliar

id Bantuan temasek untuk indonesia, bantuan covid dari temasek

Indonesia kembali terima bantuan COVID-19 senilai Rp120 miliar

Penyerahan bantuan alat kesehatan penanganan COVID-19 dari Yayasan Temasek Singapura. ANTARA/HO-Dok KBRI Singapura

Batam (ANTARA) - Indonesia kembali menerima bantuan COVID-19 dari Temasek Foundation Singapura berupa peralatan medis senilai Rp120 miliar, demikian keterangan pers KBRI Singapura, Rabu.

Penyerahan bantuan dilakukan secara virtual oleh Chief Executive Temasek Foundation, Bennedict Cheong, kepada Duta Besar Suryopratomo, dan disaksikan pula oleh perwakilan dari BNPB serta seluruh instansi penerima yaitu Markas Besar TNI, Pemerintah Daerah Kepulauan Riau, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Bali, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Batam, Banyuwangi, serta perwakilan dari Kemenkes, Kemendagri, NU, dan Muhammadiyah.

Bantuan yang diberikan antara lain ventilator, oxygen concentrator, PCR test, mesin x-ray, dan APD.

Dalam sambutannya, Dubes Suryopratomo menyampaikan apresiasi kepada Temasek Foundation yang telah beberapa kali memberikan bantuan peralatan medis untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Panglima TNI yang mendukung transportasi bantuan itu ke Indonesia.

Baca juga: Temasek berikan 4 ventilator dan 2 juta masker untuk Indonesia

Bennedict Cheong menyampaikan, yang dilakukan Temasek Foundation bukanlah membantu tetapi bagian dari kebersamaan atau partnership.

"COVID-19 mengajarkan kepada kita bahwa kita harus bersama-sama menghadapinya. Tidak pernah ada negara yang aman dari COVID-19 kalau masih ada negara lain yang dilanda wabah. Oleh karena itu yang kita lakukan hari ini bukanlah membantu, tetapi kita bersama-sama atau partnership untuk menghadapi COVID-19," kata pimpinan Temasek Foundation itu.

Bantuan diangkut menggunakan KRI Semarang milik TNI AL yang proses muat barang telah dilakukan pada tanggal 17 November 2020 di Changi Naval Base Singapura.

Kapal dijadwalkan tiba di Jakarta pada 21 November, setelah singgah di Batam, Kepulauan Riau.

Baca juga: Yayasan Temasek serahkan bantuan 1 juta masker untuk Indonesia

Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar