Normalisasi dua titik saluran air Jalan Panjang capai 60 persen

id Normalisasi saluran air, jalan panjang, green garden, sudin sda jakarta barat

Normalisasi dua titik saluran air Jalan Panjang capai 60 persen

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto dan Wakil Wali Kota Yani Wahyu Purwoko meninjau kondisi saluran air di Jalan Green Garden, Ahad (18/10/2020). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Normalisasi dua titik saluran air untuk antisipasi banjir. di Jalan Panjang, Kedoya Utara, hingga Kawasan Green Garden Kebon Jeruk (Jakarta Barat) telah mencapai 60 persen.

Proyek tersebut dikerjakan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air bersama Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat.

"Saat ini sudah 60 persen dan sedang pembuatan dinding turap menggunakan batu kali," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Sistem Pengendali Banjir Air Baku Air Bersih dan Air Limbah Sudin SDA Jakarta Barat Wawan Kurniawan di Jakarta, Rabu.

Wawan mengatakan pengerjaan pelebaran saluran sudah dilakukan sejak 18 Oktober 2020.

Baca juga: Ratusan rumah mewah di perumahan Green Garden terendam banjir
Baca juga: Komplek Green Garden Kebon Jeruk kembali tergenang


Masing-masing titik saluran yang dinormalisasi memiliki panjang 50 meter dengan lebar satu meter dan tinggi 80 sentimeter dan tinggi dan lebar saluran lainnya dibuat menjadi dua meter.

Normalisasi tersebut dilakukan agar daya tampung saluran menjadi lebih maksimal dan air dapat mengalir dengan baik ke kolam olakan, melalui sodetan.

Seluruh personel Sudin SDA Jakarta Barat beserta 20 personel Sudin Bina Marga Jakarta Barat dikerahkan dalam normalisasi dua titik rawan banjir tersebut.

“Normalisasi kedua titik saluran ini diperkirakan akan rampung pada pertengahan Desember mendatang. Harapannya, genangan di Jalan Panjang dan kawasan Green Garden dapat diatasi,” ujar dia.
Baca juga: Pemkot Jakbar siapkan kolakan atasi banjir Jalan Green Garden
Baca juga: Sampah di kabel optik bawah tanah penyebab genangan Green Garden

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar