untuk memaksimalkan inovasi, Pupuk Kaltim juga bekerja sama dengan berbagai institusi dan lembaga pendidikan maupun riset di Indonesia untuk berbagai terobosan berbasis digital
Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim meraih penghargaan Lighthouse Industry 4.0 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai apresiasi keberhasilan implementasi transformasi Industri 4.0, sekaligus menjadi role model bagi perusahaan dan dunia industri Tanah Air.

Penghargaan itu diterima oleh SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi dari Kementerian Perindustrian di Jakarta, Rabu (25/11).

"Penghargaan ini menjadi dorongan bagi Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan kinerja, khususnya pengembangan teknologi informasi dan digitalisasi industri untuk peningkatan daya saing perusahaan di kancah nasional maupun global," kata Meizar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Meizar menuturkan implementasi teknologi Industri 4.0 dalam aktivitas bisnis Pupuk Kaltim merupakan dukungan perusahaan terhadap implementasi Making Indonesia 4.0, melalui berbagai inovasi berbasis digital yang diterapkan di lingkungan perusahaan.

Baca juga: Kemenperin apresiasi pelaku industri, beri penghargaan INDI 4.0

Selain itu implementasi teknologi Industri 4.0 juga bentuk dukungan terhadap percepatan pemulihan industri nasional yang terus didorong oleh pemerintah.

Pupuk Kaltim mengimplementasikan teknologi berbasis industri 4.0 di seluruh lini perusahaan, mulai dari Smart Operation, Smart Maintenance, Smart Distribution, hingga Digital Performance Management System.

"Implementasi industri 4.0 di Pupuk Kaltim tak lepas dari faktor kultur SDM, di mana karyawan turut berperan aktif di masing-masing unit kerja," kata Meizar.

Penerapan digitalisasi industri merupakan jawaban Pupuk Kaltim akan tantangan disrupsi masa kini untuk terus mampu menghadapi iklim kompetisi yang semakin ketat.

Baca juga: Dirut Pupuk Kaltim dinobatkan sebagai "The Most Commited GRC Leader"

Apalagi di tengah pandemi COVID-19 anak usaha holding BUMN Pupuk Indonesia itu terus berupaya maksimal untuk meningkatkan performa perusahaan melalui transformasi bisnis yang berorientasi pada implementasi Industri 4.0 dengan menerapkan Artificial Intelligence (AI) dan metode forecasting.

"Bahkan untuk memaksimalkan inovasi, Pupuk Kaltim juga bekerja sama dengan berbagai institusi dan lembaga pendidikan maupun riset di Indonesia untuk berbagai terobosan berbasis digital," tambah Meizar.

Penghargaan Lighthouse Industri 4.0 menjadi kebanggaan bagi Pupuk Kaltim karena menjadi contoh implementasi Making Indonesia 4.0 oleh perusahaan lain di Indonesia.

Lighthouse Industry 4.0 didasari pada sejumlah aspek transformasi digital yang dilakukan perusahaan pada beberapa tahap, di antaranya pendefinisian komitmen dari manajemen puncak ke level paling bawah dan perumusan target perusahaan secara jelas, pengembangan kompetensi digital dengan mengubah mindset, budaya kerja dan organisasi menuju digital attitude, serta scalling up melalui pengembangan kemampuan dan adopsi model operasional yang baru dan efisien untuk diterapkan di lingkungan perusahaan.

Baca juga: Kemenperin percepat pemulihan via akselerasi transformasi Industri 4.0



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020