Medan (ANTARA) - Masyarakat di Sumatera Utara diminta untuk waspada terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di lereng Barat, pantai Barat dan pegunungan.

BBMKG Wilayah I Medan dalam rilisnya yang diterima, Sabtu, menyebutkan hujan sedang dan lebat di sejumlah daerah di Sumatera Utara tersebut berpotensi banjir dan longsor.

Secara umum kondisi cuaca di Sumut siang hari berawan dan hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di wilayah di Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli tengah, Sibolga, Karo, dan Langkat.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan di pegunungan berpotensi longsor di Sumut

Baca juga: BMKG: Hujan di Sumut akibat sirkulasi siklonik Samudera Hindia


Sore hingga malam hari terjadi hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah Dairi, Pakpak Bharat, Mandailing Natal, Padangsidimpuan, Samosir, Karo, Deli Serdang, Humbahas, Toba, Langkat, Palas, dan Paluta.

Sementara dini hari berawan dan hujan ringan di Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Padangsidimpuan, Nias dan Kepulauan Nias.

Sementara prakiraan gelombang laut di Perairan Utara Sabang, Selat Malaka bagian Utara, Perairan Sabang-Banda Aceh, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Nias ketinggian 1,25-2,5 meter.

Di perairan Lhokseumawe, Selat Malaka Bagian Tengah, perairan Meulaboh-Sinabang, perairan Nias-Sibolga diperkirakan ketinggian gelombang laut 0.5-1.25 meter.*

Baca juga: Hujan deras akibatkan longsor di 4 ruas jalan di Simalungun Sumut

Baca juga: Hujan landa Sumut akibat Sirkulasi Eddy di Sumatera

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020