Jakarta (ANTARA) - Microsoft dilaporkan tengah menggarap "Project Latte" yang merupakan upaya dari raksasa perangkat lunak itu untuk menghadirkan aplikasi Android ke Windows 10.

Langkah tersebut merupakan upaya kedua dari Microsoft setelah menghadirkan Project Astoria pada 2015 yang berencana membawa dukungan untuk aplikais Android ke Windows 10 Mobile tetapi akhirnya dibatalkan pada 2018.

Proyek baru tersebut, dikutip dari laman Gizmochina, Minggu, kemungkinan besar akan didukung oleh Windows Subsystem for Linux (WSL).

Baca juga: Saingi Zoom, Microsoft Teams berikan panggilan video gratis

Baca juga: Microsoft, Apple garap dukungan kontroler Xbox Series X untuk iPhone


Saat diluncurkan, pengembang akan dapat membawa aplikasi mereka ke Windows 10 dengan mudah "dengan sedikit atau tanpa perubahan mode." Aplikasi dikemas sebagai MSIX, format paket aplikasi Windows sebelum dikirimkan ke Microsoft Store.

Jika Microsoft berhasil, toko aplikasi Windows akan mendapatkan ribuan tambahan aplikasi. Namun, tampilan aplikasi menjadi pertanyaan mengingat layar komputer jauh lebih besar daripada ponsel.

Sumber juga menyebutkan bahwa Project Latte kemungkinan tidak mendukung Play Services karena Google tidak mengizinkan layanan Play dipasang di perangkat yang tidak didukung oleh Android atau Chrome OS.

Terlepas dari hal itu, jika Microsoft berhasil dengan Project Latte, Windows akan menjadi platform yang mendukung beberapa jenis paket aplikasi, termasuk PWA, UMP, Win32 dan Linux.

Microsoft diperkirakan akan mengumumkan proyek tersebut tahun depan dan merilisnya sebagai bagian dari pembaruan Windows 10 musim gugur 2021.

Baca juga: Microsoft: Peretas Rusia dan Korea Utara targetkan peneliti COVID-19

Baca juga: Tiga kiat manfaatkan teknologi untuk berbisnis dari Cisco

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020