Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan TNI AD akan selalu siap membantu pemerintah dan kementerian terkait untuk mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

"Kami pasti selalu siap untuk membantu. Kami akan terus membantu karena ini (pangan) adalah proyek strategis nasional, juga termasuk prioritas. Karena ketersediaan komoditas pokok atau pangan adalah salah satu tugas besar negara saat ini," kata Kasad, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

TNI AD telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pertanian untuk bekerja sama dalam pembangunan "food estate" di Kalimantan Tengah.

Program pemanfaatan lahan gambut tersebut telah dilaksanakan sejak September lalu sebagai gerakan ketahanan pangan TNI AD dalam mendukung program pertanian.

Baca juga: Kementan kerja sama dengan TNI AD dalam program lumbung pangan

Tak hanya sektor pertanian, TNI AD juga menyiapkan seluruh kekuatan sampai ke satuan bawah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di masa pandemi.

Kabag Info Subdis Medlek Dinas Penerangan TNI AD Letkol Inf Ismail membenarkan adanya kerja sama antara TNI AD dan Kementan dalam pembangunan "food estate" di Kalteng.

"Ada kerja sama TNI AD dengan Kementerian Pertanian dalam bentuk 'food estate'. Itu dilaksanakan di Kalimantan Tengah," katanya.

Selain itu, Ismail juga memastikan MoU antara TNI AD dan Kementan itu terimplementasi hingga anggota-anggota di satuan terbawah.

Baca juga: Gubernur Sumsel ajak TNI jaga ketahanan pangan daerah

Baca juga: Petrokimia Gresik sosialisasikan teknologi pemupukan kepada Babinsa

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020