Israel punya robot militer bersenjata? Ini faktanya

id Hoaks robot,robot,Israel,hoax robot,hoaks israel,hoax israel,robot israel

Israel punya robot militer bersenjata? Ini faktanya

Anggota pasukan Israel dengan kendaraan bersenjata terlihat saat latihan militer di Lembah Yordan, Tepi Barat, Selasa (10/11/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Raneen Sawafta/pras/cfo

Jakarta (ANTARA/JACX) - Israel telah memiliki robot militer dengan senjata mematikan, demikian sebuah unggahan di Twitter yang menyertakan video aksi sebuah robot.

Dalam video itu, robot terlihat melepaskan tembakan menuju beberapa papan sasaran. Tembakan itu pun tidak ada yang meleset.

Unggahan pada 27 November 2020 tersebut telah disukai 2.900 pengguna lain Twitter, serta sudah dibagikan ulang sebanyak 1.600 kali hingga Senin (30/11).  

Berikut isi lengkap unggahan di Twitter terkait robot militer Israel yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:

"Menakjubkan #Robot #Militer dari #Israel. Angkat topi untuk petugas yang bereksperimen dengan robot bersenjata mematikan ini dengan mempertaruhkan nyawa mereka. Ini menunjukkan keyakinan mereka pada mesin yang dirancang untuk menumpas predator dan teroris dengan presisi".

Lantas, apakah benar saat ini Israel telah memiliki robot militer bersenjata?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Israel punya robot militer bersenjata (Twitter)


Penjelasan:
Faktanya, unggahan milik pengguna Twitter tentang robot militer Israel itu merupakan hoaks.

Video asli berdurasi empat menit lebih yang menampilkan robot bersenjata tersebut telah dimuat oleh akun Youtube Corridor dengan judul "New Robot Makes Soldier Obsolete (Corridor Digital)", sejak 26 Oktober 2019, sebagaimana dilaporkan turnbackhoax.id. 

Dalam kolom keterangan di kanal Youtube Corridor, dijelaskan video itu merupakan parodi komedi dan tidak dimiliki, didukung, dibuat oleh, atau terkait dengan perusahaan Boston Dynamics.

Tidak terdapat informasi yang menyatakan robot maupun video itu merupakan milik Israel.

Hingga Senin (30/11), video asli milik akun Corridor tersebut telah disukai satu juta orang lebih dan telah ditonton hingga 49 juta kali.

Klaim: Israel punya robot militer bersenjata
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Perang Transformers di Universal Studios Singapore

Baca juga: Robot ini ingatkan pengunjung toko pakai masker dan jaga jarak sosial

Baca juga: Riset : pandemi mempercepat perubahan tenaga manusia ke robot

Pewarta : Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar