AP I pastikan protokol kesehatan bandara saat libur Natal-Tahun Baru

id angkasa pura I,ap I,protokol kesehatan,liburan akhir tahun,libur natal,libur tahun baru

AP I pastikan protokol kesehatan bandara saat libur Natal-Tahun Baru

Ilustrasi - Petugas fasilitas layanan rapid test di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sedang memeriksa calon penumpang yang akan melakukan rapid test. ANTARA/HO-AP I/am.

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (AP I) memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat pada masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang beroperasi selama 18 hari terhitung sejak 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 di 15 bandara kelolaan.

"Perseroan senantiasa memastikan penerapan protokol kesehatan dengan ketat pada masa libur Natal dan Tahun Baru nanti. Walaupun terdapat pengurangan jumlah hari libur akhir tahun 2020, namun terdapat potensi peningkatan trafik penumpang dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Adapun upaya yang dilakukan, kata dia, adalah patroli petugas untuk memantau penerapan jaga jarak minimal 2 meter pada area check-in counter, security checkpoint, imigrasi, boarding lounge, garbarata, area klaim bagasi, serta area tunggu transportasi publik.

Baca juga: Kemenhub prediksi puncak mudik liburan Natal 23 dan 24 Desember

Juga pembersihan pada fasilitas-fasilitas yang biasa disentuh oleh pengguna jasa dilakukan secara berkala dengan menggunakan cairan disinfektan, memastikan ketersediaan hand sanitizer di area bandara, dan berbagai kegiatan lain yang termasuk dalam protokol kesehatan bandara.

Puncak arus mudik dan arus balik libur Natal diprediksi terjadi pada 23 Desember dan 27 Desember 2020. Sedangkan puncak kepadatan arus mudik dan arus balik libur Tahun Baru diprediksi terjadi pada 30 Desember 2020 dan 3 Januari 2021.

Pada masa Posko Monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru ini, trafik penumpang diprediksi mencapai 2,3 juta - 2,5 juta orang, turun sekitar 45 persen dari 4,6 juta penumpang dibanding trafik penumpang pada masa Posko Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 lalu.

Baca juga: Jumlah penumpang pesawat bandara AP I naik 29,1 persen pada November

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan udara, Angkasa Pura I juga telah menyediakan fasilitas rapid test di 11 bandara dengan biaya di 8 bandara  Rp85.000 per 14 September 2020.

"Penyediaan fasilitas rapid test ini juga dilakukan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 di bandara sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan udara melalui bandara-bandara Angkasa Pura I," kata Faik.

Baca juga: Reservasi hotel di Pantai Pangandaran naik untuk liburan akhir tahun

Baca juga: Penumpang pesawat ke Babel diprediksi kian naik pada November-Desember


 

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar