Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur memenangi Derbi London Utara dengan membungkam Arsenal 2-0 dalam laga pekan ke-11 Liga Inggris yang berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Son Heung-min dan Harry Kane masing-masing menyumbangkan satu gol dalam kemenangan yang mengantarkan Tottenham kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 24 poin, menggusur Chelsea (22) yang tak sampai 24 jam menduduki posisi tersebut.

Sedangkan Arsenal (13) kian tersisih ke peringkat ke-15 klasemen meski masih punya jarak aman tujuh poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Mikel Arteta sebut Tottenham pantas puncaki klasemen liga Inggris

Memasuki pertandingan dengan status tak terkalahkan dalam sembilan laga sebelumnya, Tottenham tampil cukup percaya diri dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-13 melalui gelombang serangan balik yang matang.

Kane mengirim bola ke arah Son yang berada di sisi sayap kiri, memperdaya barisan pertahanan Arsenal yang tak siap dan menyelesaikannya dengan tembakan cantik dari luar kotak penalti ke pojok kanan atas gawang.

Keunggulan itu membuat tim besutan Jose Mourinho kian percaya diri untuk mengendalikan tempo permainan tanpa membiarkan Arsenal leluasa melancarkan serangan.

Pada pengujung babak pertama, sebuah serangan balik lain yang dilakukan Tottenham kembali berbuah manis ketika Son menarik bek Arsenal sebelum membalas budi dan mengirim umpan terobosan yang diselesaikan dengan tembakan keras Kane ke mistar sebelum bola melesak ke dalam gawang.

Gol itu membuat Kane kini menjadi top skor Derbi London Utara dengan koleksi 11 gol meninggalkan Emmanuel Adebayor dan Bobby Smith.

Tottenham memimpin 2-0 berkat penampilan klinis mereka kendati hanya menguasai 38 persen bola sepanjang babak pertama.

Baca juga: Aubameyang ingin Derbi London Utara jadi titik balik performa Arsenal

Arsenal memasuki babak kedua dengan upaya membalas tetapi sundulan Alexandre Lacazette mudah dijinakkan kiper Hugo Lloris, sedangkan peluang dari Pierre-Emerick Aubameyang masih melenceng di sisi gawang.

Lloris kembali dipaksa melakukan penyelamatan gemilang ketika Hector Bellering mengirim umpan silang berbahaya yang bisa disambut Lacazette di area tiang dekat pada menit ke-68.

Selain Lloris, Serge Aurier dan Toby Alderweireld juga berperan penting mengawal pertahanan Tottenham, meredam serangan Arsenal demi menjaga skor 2-0 tetap ajeg hingga aba-aba bubaran.

Kedua tim selanjutnya akan terlebih dulu tampil di laga pemungkas Liga Europa pada Kamis (10/12) dengan Tottenham menjamu Antwerp berebut titel juara Grup J dan Arsenal bertandang ke markas Dundalk.

Lantas tiga hari sesudahnya Tottenham akan menyambangi kandang Crystal Palace dalam misi menjaga posisi puncak klasemen dan Arsenal berusaha menyudahi tren nirmenang di empat laga terakhir kala menjamu Burnley di Emirates.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Chelsea rebut puncak jelang Derbi London Utara
Baca juga: Crystal Palace bekuk West Brom 5-1 disokong dwigol Zaha dan Benteke
Baca juga: Jurgen Klopp: Chelsea tim favorit juara Liga Premier Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020