Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Indosat Ooredoo menjalin kemitraan dengan solusi mobilitas Comviva untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dalam menerapkan strategi pemasaran yang mengutamakan pelanggan (marketing customer first) melalui implementasi solusi analitik berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) dan automasi strategi pemasaran.

Chief Marketing Officer, Indosat Ooredoo, Ritesh Singh, mengatakan kemitraan tersebut mendukung pelanggan dalam menuntaskan perjalanan digital mereka, meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus mempertahankan pelanggan yang ada melalui penawaran dan interaksi yang terbangun secara personal untuk tiap-tiap pelanggan.

"Visi dan misi kami salah satunya adalah kami selalu relevan dan memenuhi apa yang diinginkan konsumen. Kemitraan yang kami jalin bersama Comviva membawa sistem dana analitik dan juga secara real-time, sehingga kami dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan," ujar Ritesh dalam konferensi pers virtual, Senin.

Baca juga: Indosat Ooredoo siap bangun jaringan 5G

Selain mendukung dihadirkannya pengalaman terbaik bagi pelanggan, Ritesh juga mengatakan kemitraan ini turut mendukung Indosat dalam memacu pertumbuhan pendapatan.

Kemitraan yang terjalin bersama Comviva mendukung dihadirkannya marketing campaigns dan loyalty programs yang kontekstual bagi sekitar 60 juta pelanggan Indosat Ooredoo.

Solusi ini dinilai memiliki potensi yang luar biasa dalam turut meningkatkan pendapatan perusahaan melalui monetasi data, serta mendorong pertumbuhan dalam menghadirkan layanan digital.

Senior Vice President and Head of SEA and ANZ region Comviva, David Peters, mengatakan sebagai perusahaan yang menghadirkan platform perangkat lunak bagi operator telekomunikasi, Comviva membantu perusahaan melakukan transofmasi digital terhadap layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Baca juga: Indosat dan Huawei Membangun Jaringan SRV6 Pertama di Asia Pasifik

"Solusi Comviva MobiLytix Real Time merupakan platform interaksi dengan pelanggan yang memungkinkan Indosat Ooredoo menulis pesan kepada pelanggan yang tepat di waktu yang tepat. Dan, analitik secara real-time untuk memberikan pesan yang tepat kepada pelanggan yang tepat untuk meningkatkan interaksi sehingga menjadi relevan," kata David.

Penerapan platform MobiLytix Real Time Marketing di Indosat juga diharapkan akan mendukung sukses terselenggaranya inisiatif-inisiatif pemasaran melalui strategi omni-channel, in-the-moment, secara lebih kontekstual.

MobiLytix Real Time Marketing merupakan platform automasi marketing digital yang bersifat real-time yang menghadirkan beragam kapabilitas, di antaranya untuk pengambilan keputusan berskala luas, complex event processing berbasis AI dan interaksi multi kanal yang mendukung transformasi dalam peluncuran inisiatif Customer Value Management oleh operator-operator telekomunikasi.

Untuk pertama kalinya, Indosat Ooredoo juga menggelar solusi Comviva MobiLytix Loyalty and Rewards yang merupakan sistem Customer Loyalty & Value Management terintegrasi untuk mendukung program customer loyalty.

Baca juga: Indosat dukung pemerintah percepat digitalisasi di bidang pendidikan

Platform Realtime Marketing & Loyalty and Rewards merupakan solusi untuk mendukung peningkatan kualitas dalam penerapan customer engagement serta mendorong transformasi digital.

Comviva MobiLytix Real Time Marketing merupakan platform next generation real-time interaction management yang didukung oleh algoritma mutakhir AI dan Machine Learning (ML) dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan bagi perusahaan-perusahaan.

Platform ini memanfaatkan data transaksional dan profil pengguna secara real-time dan terpadu dalam mendukung dihadirkannya nilai bagi pelanggan maupun interaksi dengan penyedia layanan, secara lebih optimal.

Solusi lain yang diterapkan, MobiLytixÔ Loyalty and Rewards merupakan solusi untuk loyalty management untuk mendukung dihadirkannya sebuah ekosistem loyalty program lifecycle dan reward partner yang komprehensif.

Baca juga: Indosat Ooredoo hadirkan inovasi IoT terbaru

Baca juga: Indosat Ooredoo pastikan kualitas jaringan terbaik saat pandemi

Baca juga: Indosat Ooredoo dan Cisco hadirkan jaringan transport untuk 5G

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020