Jayapura (ANTARA) - Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Heru Setyo P mengatakan, personel prajurit Kodam XVII/Cenderawasih telah siap mendukung dan membantu Polri untuk pengamanan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Kami dari Kodam XVII/Cenderawasih telah siap mendukung pelaksanaan pilkada di Papua agar berjalan dengan tertib tanpa ada gangguan apapun," kata Kapoksahli Brigjen TNI Heru Setyo P dalam keterangan tertulis diterima ANTARA, Selasa.

Ia mengatakan, Kodam XVII/Cenderawasih juga akan mengirimkan personel untuk di BKO-kan kepada Polda Papua dalam rangka membantu Polri untuk melaksanakan pengamanan pilkada di 11 Kabupaten.

"Personel TNI khususnya Kodam XVII/ Cenderawasih sudah kami siapkan dan akan dibagi di tiga Korem di antaranya Korem 172/PWY di Jayapura, Korem 173/PVB di Biak dan Korem 174/ATW di Merauke membantu Polda Papua dalam melaksanakan pengamanan pilkada," kata Kapoksahli

Baca juga: Penggerak Millenial Indonesia siap kawal pilkada damai dan aman
Baca juga: Politik kemarin, calon anggota KY hingga TPS rawan
Baca juga: KSP: Antisipasi keamanan Pilkada Papua Barat cukup baik


Terkait dengan netralitas TNI, menurut Brigjen Heru Setyo, jajaran Kodam XVII Cenderawasih juga sudah menekankan seluruh prajurit TNI AD untuk tidak ada yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di wilayah Papua.

Sementara itu, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani sangat mengapresiasi kepada instansi TNI/Polri dan pihak terkait yang telah memberikan pandangan serta rasa aman dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 di wilayah Papua.

Kegiatan rapat Koordinasi berlangsung di Swiis Bell Hotel dihadiri Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani, Mayjen TNI (Purn) Suharsono (KONI Pusat), Wakapolda Brigjen Pol Mathius D Fakhiri, Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Heru Setyo P, Tenaga Ahli Utama Theo I.A. Litaay, Tenaga Ahli Madya Mufti Makarim, Kabinda Papua, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Papua Theodorus Kossay.

Pewarta: Muhsidin
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020