Kasad ikuti "IPAMS" ke-44 dan "SELF" ke-6 secara virtual

id Kasad, jenderal andika perkasa, andika perkasa, ksad

Kasad ikuti "IPAMS" ke-44 dan "SELF" ke-6 secara virtual

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. ANTARA/HO-Youtube TNI AD.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengikuti "Indo-Pasific Armies Management Seminar" (IPAMS) ke-44 dan "Senior Enlisted Leader Forum" (SELF) ke-6 yang berlangsung secara virtual.

"Kegiatan IPAMS ke-44 dan SELF ke-6 ini merupakan platform bagi perwira dan bintara senior dari seluruh negara kawasan indo pasifik untuk berdiskusi dan saling berbagi pemikiran terkait isu-isu terkini," kata Kasad, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Kegiatan yang telah berlangsung pada pada 17 dan 18 November 2020 tersebut diikuti oleh 30 negara dengan tuan rumah United States Army Pasific dan Philippine Army.

Commanding of The Philippine Army, Lieutenant General Cirilito E. Sobejana membuka kegiatan IPAMS ke-44 dan SELF ke-6 tersebut.

Baca juga: Kasad minta laboratorium "PCR" bantuan Kemhan dioperasikan

Baca juga: Jenderal TNI Andika Perkasa semangati prajurit jalani latihan tempur


Kegiatan IPAMS ke-44 dan SELF ke-6 mengusung tema "Addressing Challenges to Indo-Pasific Armies in Urban Environment" dan membahas langkah-langkah untuk menghadapi tantangan yang dihadapi oleh Angkatan Darat di negara-negara Indo-Pasifik pada lingkungan perkotaan.

Adapun subtema yang menjadi pembahasan, yakni memahami lingkungan perkotaan pada abad XXI, mengadaptasi Angkatan Darat agar berhasil dalam lingkungan perkotaan, serta membahas peran angkatan darat dalam rehabilitasi pasca-operasi perkotaan.

Dalam upacara penutupan, Lieutenant General Cirilito menyampaikan diskusi yang dilakukan dapat memberikan wawasan baru untuk meningkatkan hubungan dan pemahaman di antara militer Angkatan Darat.

Khususnya, pemahaman tentang cara menghadapi kompleksitas operasi di lingkungan perkotaan, termasuk bantuan kemanusiaan serta tanggap bencana.

Ia juga berharap keadaan akan kembali normal setelah masa pandemik COVID-19.

Selain itu, Cirilito juga mengucapkan terima kasih kepada semua partisipan dalam IPAMS ke-44 dan SELF ke-6.

Commanding General United States Army Pasific General Paul J. LaCamera menyampaikan seminar dan forum menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan perspektif yang menjadi tantangan untuk menjaga keamanan yang telah menjadi kepentingan bersama.

Sebagaimana didiskusikan saat membahas pelaksanaan operasi di lingkungan perkotaan, khususnya di kota-kota besar, kata dia, akan muncul tantangan yang dinamis di masa depan, seiring dengan pertumbuhan populasi, perubahan iklim, serta teknologi yang berkembang.

Paul juga menyampaikan terima kasih kepada moderator, pembicara yang telah berbagi wawasan dan pengalaman meskipun terpisah secara geografis, serta mendoakan seluruh prajurit dan keluarga mendapatkan kesehatan dan keberkahan.

Baca juga: TNI AD bangun Puslatpur di Kalimantan Utara

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar