Gubernur Sulteng tinjau pencoblosan di sejumlah TPS wilayah Pasigala

id gub tinjau tps,pilkada sulteng

Gubernur Sulteng tinjau pencoblosan di sejumlah TPS wilayah Pasigala

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (ketiga kiri berdiri) didampingi Bupati Sigi Irwan Lapatta (keempat kiri berdiri) saat meninjau aktivitas TPS 1 Kalubula Kabupaten Sigi, Rabu (09/12/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) meninjau pelaksanaan pencoblosan sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Pasigala, yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala, Rabu.

Longki Djanggola sebelum meninjau pencoblosan pemungutan suara pada pesta demokrasi hari ini, Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyalurkan hak pilihnya pada TPS 05 Kelurahan Nebula, Kecamatan Lolu Utara, Kota Palu.

Usai menunaikan hak politiknya di Kota Palu, Longki Djanggola didampingi Bupati Sigi Irwan Lapata bersama rombongan meninjau TPS 1 Kalukubula, Kabupaten Sigi. Dari daerah tetangga itu, Gubernur kembali meninjau TPS 19 Tatura Selatan, Kota Palu.

Selanjutnya Gubernur Longki didampingi Bupati Donggala Kasman Lassa meninjau TPS 1 Loli, Kabupaten Donggala, kemudian kembali lagi meninjau TPS 7 dan TPS 8 di Kelurahan Balaroa, Kota Palu.

Pada kesempatan itu Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengapresiasi proses pelaksanaan pemungutan suara di setiap TPS, karena sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Gubernur juga mengapresiasi jadwal undangan untuk memilih kepada para pemilih, sehingga di setiap TPS tidak terjadi penumpukan atau kerumunan para pemilih.

"Pelaksanaan pilkada ini kita lihat sudah dapat berjalan sangat baik," ujar Longki di sela-sela kegiatan peninjauan TPS tersebut.

Gubernur juga berharap partisipasi pemilih di Sulteng dapat meningkat sampai 90 persen, dan diharapkan masyarakat yang sudah memiliki hak untuk memilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan patuhi protokol kesehatan dengan baik, Gubernur minta masyarakat agar dapat menjaga ketertiban dan kedamaian, dan mengharapkan semua pihak agar dapat menahan diri, jangan ada eforia yang berlebihan dalam menyikapi hasil pemungutan suara nanti.

"Saya harap kita semua dapat patuh menunggu keputusan KPU, siapa kandidat yang ditetapkan sebagai pemenang," ujarnya pula.

Dalam peninjauan TPS tersebut, Gubernur Sulteng juga didampingi sejumlah pejabat Pemprov Sulteng, antara lain Kepala Badan Satpol PP Sulteng, Kepala Kesbang dan Linmas Sulteng, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulteng dan Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sulteng.

Berdasarkan rekapitulasi DPT Pilkada 2020 di 12 kabupaten dan satu kota oleh KPU Sulteng ditetapkan sebanyak 2.022.191 pemilih, terdiri dari 1.032.163 pemilih laki-laki dan 990.028 pemilih perempuan.

Para pemilih tersebut tersebar di 6.306 tempat pemungutan suara (TPS) di 2017 desa/kelurahan dan 175 kecamatan.

Pelaksanaan pilkada serentak di Sulteng pada 9 Desember 2020, selain pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng, juga dilakukan serentak pemilihan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Tolitoli, Poso, Morowali Utara, Tojo Unauna, Banggai, dan Banggai Laut.
Baca juga: Anggota DPR apresiasi KPUD terapkan prokes secara ketat di TPS
Baca juga: Pilkada di Sulteng, warga Palu antusias ke TPS
Baca juga: Survei Trans Data: Hadianto-Reny unggul pada Pilkada Kota Palu
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kiri) didampingi Bupati Donggala Kasman Lassa (kanan) saat meninjau aktivitas TPS 1 Loli, Kabupaten Donggala, Rabu (9/12/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Pewarta : Laode Masrafi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar