Surabaya (ANTARA) - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Nomor Urut 01 Eri Cahyadi dan Armuji (Erji) unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 025 Kelurahan Dr. Soetomo, Tegalsari, Kota Surabaya, tempat dimana Cawali Nomor Urut 02 Machfud Arifin mencoblos.

Ketua KPPS TPS 25 Chairani Inajati di Surabaya, Rabu, mengumumkan perhitungan suara dengan menyebut dari 306 Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya ada 129 orang yang menggunakan hak suaranya.

"Suarah sah 128. Suara tidak sah 1. Jumlah suara masuk 129. DPT 306," kata Chairani usai penghitungan suara.

Meski TPS tersebut berdekatan dengan tempat pemilihan Machfud sekaligus tempat domilisinya, namun suara yang diperoleh malah kalah jauh dibandingkan dengan paslon nomor urut 01, Eri-Armuji (Erji). Selisih keduanya pun cukup jauh yaitu 88 suara atau 84,4 persen dibanding 15,6 persen

"Paslon 01 raih 108 suara dan paslon 02 raih 20 suara," kata Chairani.

Baca juga: Cawali Surabaya Eri berikan hak suara didampingi istri

Sebelumnya satu surat suara robek menjadi perdebatan karena surat suara tersebut rusak saat berada di kotak suara. Surat ini dianggap rusak di dalam bilik suara sehingga ada yang menyebutnya sah.

Sementara ada juga yang menganggapnya tidak sah. Setelah dikonfirmasi ke Panwascam, surat suara tersebut dinyatakan tidak sah.

"Karena surat suaranya robek, kita anulir. Dalam surat suara tercoblos nomor urut 1," ujar Chairani.

Warga Surabaya yang bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Surabaya 2020 berjumlah 2.089.027 terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.016.395 dan pemilih perempuan sebanyak 1.072.632. Sementara untuk jumlah TPS di Surabaya dalam Pilkada Serentak 2020 ada 5.184 TPS yang tersebar di seluruh kota.

Baca juga: Eri Cahyadi berharap didampingi kiai jika terpilih di Pilkada Surabaya

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Baca juga: Survei: Eri-Armudji peluang menang di Pilkada Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020