Praya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal memastikan seluruh personel pengamanan dari TNI dan Polri menjaga ketat surat suara Pilkada 2020 yang kini terkumpul di kantor kecamatan.

"Jadi surat suara yang secara mayoritas kini sudah berada di PPK (panitia pemilihan kecamatan), kami pastikan dijaga ketat personel selama 24 jam secara bergantian," kata Iqbal di sela kunjungan pengawasan di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu malam.

Baca juga: TNI-Polri di NTB larang konvoi kemenangan Pilkada

Dalam tugas pengamanan Pilkada Serentak 2020, kata Iqbal, TNI dan Polri selalu mengedepankan prinsip "overestimate".

"Jadi kami berprinsip tidak mau 'underestimate', melainkan kami terus melaksanakan pengamanan dengan prinsip 'overestimate'," ujarnya.

Prinsip tersebut disampaikan Iqbal berdasarkan hasil laporan anggota yang bertugas dan juga pantauan secara langsung di lapangan.

Baca juga: Kapolda NTB: Selesaikan kecurangan pilkada melalui jalur hukum

"Begitu juga menggalakkan giat patroli lapangan, sambang seluruh elemen masyarakat dan juga paslon beserta tim pemenangannya. Semua kita pastikan dilaksanakan secara rutin," kata dia.

Dengan mengedepankan prinsip yang demikian, Iqbal pun memastikan giat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 untuk tahap pemungutan suara di NTB telah berjalan dengan aman dan terkendali.

Baca juga: Kapolda NTB ingatkan masyarakat tetap patuhi prokes COVID-19

"Jadi sampai pukul 22.10 Wita malam ini kami pastikan seluruh aspek pengamanan berjalan dengan kondusif," ujarnya.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020