Harbolnas 12.12, waktunya belanja produk lokal

id harbolnas,harbolnas 12.12,produk lokal,bangga buatan indonesia,berrybenka,hijabenka,bukalapak,shopee,zalora,zalocal,tokopedia,bangga lokal,blibli,gale

Harbolnas 12.12, waktunya belanja produk lokal

Ilustrasi (Pixabay) (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pertengahan bulan Desember biasanya dimeriahkan dengan Hari Belanja Online Nasional pada tanggal 12, atau sering disebut Harbolnas 12.12.

Tahun ini, platform dagang di Indonesia tetap menyelenggarakan promosi Harbolnas 12.12 meski pun Indonesia tengah dilanda resesi akibat pandemi virus corona, yang sudah berlangsung sejak awal tahun.

Sejak beberapa bulan belakangan, platform dagang yang beroperasi di Indonesia gencar mengkampanyekan Gerakan Bangga Buatan Indonesia, yang diluncurkan pemerintah pada pertengahan tahun ini.

Gerakan tersebut bertujuan untuk membangkitkan produktivitas pada masa pandemi COVID-19 dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk lokal.

Produk lokal buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) banyak beredar di platform dagang online, mereka didorong untuk berjualan secara online agar tetap bertahan di tengah krisis ini.

Produk-produk lokal bisa dicari di masing-masing platform dagang atau media sosial, akan semakin mudah jika pengguna sudah mengetahui nama toko tersebut. Beberapa platform dagang online menyediakan kategori khusus untuk program UMKM sehingga lebih mudah ditemukan.

1. Blibli
E-commerce Blibli memiliki kategori Galeri Indonesia berisi produk-produk dari UMKM lokal di berbagai daerah di Indonesia.

Kategori yang ditawarkan di Galeri Indonesia Blibli sangat beragam, tidak hanya makanan dan pakaian, namun, juga ada mainan, dekorasi rumah hingga perlengkapan otomotif.

Untuk menemukan Galeri Indonesia, buka "Kategori" di aplikasi atau situs Blibli.com, kemudian, temukan Galeri Indonesia di seksi Belanja.

Baca juga: Sejarah 11.11, mulai dari "Single's Day" hingga pesta diskon

2. Tokopedia
Tokopedia mengumpulkan UMKM lokal di kategori Bangga Lokal, yang bisa ditemukan di aplikasi dan situs Tokopedia.com.

Tokopedia juga sempat bermitra dengan Kementerian Perindustrian dalam festival belanja online Creative Fest dari Bali Creative Industri (BCIC) pada awal Desember ini.

Yang terbaru, produk lokal juga bisa ditemui di program Semasa di Tokopedia, berisi produk gaya hidup dari UMKM lokal, seperti kosmetik, pakaian makanan hingga aksesoris dan perhiasan.

3. Zalora
E-commerce khusus fesyen Zalora memiliki kategori Zalocal agar pengguna lebih mudah menemukan produk-produk dalam negeri.

Produk yang masuk Zalocal tergolong premium dibandingkan platform lainnya, pengguna bisa menemukan tas berharga puluhan ribu hingga jutaan rupiah di Zalora.

Produk fesyen yang ditawarkan di Zalocal berupa pakaian, sepatu, tas, pakaian olahraga dan aksesoris.

Zalocal bisa ditemukan dengan mudah di kategori untuk wanita dan laki-laki.

4. Shopee
Platform Shopee pada Harbolnas kali ini juga memberikan potongan harga hingga 80 persen untuk produk-produk buatan lokal.

Tidak seperti e-commerce dan marketplace sebelumnya, Shopee tidak memiliki kategori khusus untuk UMKM lokal, namun, pengguna bisa mencari kata kunci "Bangga Buatan Indonesia" di aplikasi untuk menemukan promosi produk lokal.

Baca juga: Jelang Harbolnas, BPKN ingatkan e-commerce beri ruang produk domestik

Shopee juga memiliki kategori Kreasi Nusantara untuk UMKM lokal yang bergelut di bidang makanan dan minuman, kebutuhan sehari-hari, perlengkapan ibu dan anak, pakaian laki-laki dan perempuan serta perlengkapan rumah dan gaya hidup.

5. Bukalapak
Bukalapak memiliki sub-kategori Bangga Buatan Indonesia di kategori Promosi Incaranmu, berisi pilihan dan kupon diskon untuk membeli produk lokal.

Bukalapak juga mengkurasi UMKM dengan mitra mereka, seperti usaha binaan bersama Bank Mandiri dan Pasar Seni Kreatif bersama Bank Indonesia.

Tidak hanya jualan, Bangga Buatan Indonesia di Bukalapak juga memiliki menu konten tips berjualan online bagi pemula dan memaksimalkan bisnis melalui platform online.

6. Berrybenka dan Hijabenka
Platform Berrybenka menjual produk-produk fesyen buatan dalam negeri sejak awal kemunculan mereka.

Kategori yang ditawarkan di platform ini berupa pakaian, tas, aksesoris dan sepatu, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Sementara itu, penyuka modest fashion atau busana muslim, bisa berbelanja di Hijabenka, yang masih satu grup dengan Berrybenka.

Baca juga: Kumpulan diskon e-commerce jelang Harbolnas 12.12

Baca juga: Zalora siapkan tim dan gudang jelang Harbolnas 12.12

Baca juga: Ramaikan Harbolnas, Uniqlo luncurkan layanan "Shop from Home"

Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar