Partisipasi PSU di TPS 57 Lubukbasung Agam berkurang

id psu agam,pilkada agam,pilkada sumbar

Partisipasi PSU di TPS 57 Lubukbasung Agam berkurang

Petugas KPPS TPS 57 Lubukbasung sedang melakuan penghitungan surat suara, Minggu (13/12/2020). ANTARA/Yusrizal/am.

Lubuk Basung (ANTARA) - Partisipasi pemilih saat pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 57 Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (13/12), berkurang dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni di Lubukbasung, Minggu, mengatakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS itu 334 orang. Yang memberikan hak pilih pada Pilkada Rabu (9/12) sebanyak 182 orang sementara saat PSU pada Minggu (13/12) hanya 96 orang.

"Partisipasi berkurang 86 orang saat PSU," katanya.

Baca juga: Membaca hasil Pilkada Gubernur Sumatera Barat 2020 (1)

Ia mengatakan, berkurangnya partisipasi warga memberikan hak pilih saat PSU itu karena waktu sangat pendek, hari libur, hari pasar dan lainnya.

Namun petugas KPPS TPS 57 Lubukbasung telah memberikan surat undangan memilih kepada seluruh DPT.

"Kita telah berupaya agar partisipasi pemilih cukup tinggi saat PSU," katanya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 57 Lubukbasung, Maria Santi menambahkan suara terbanyak untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur pasangan nomor empat atas nama Mahyeldi-Audy Joinaldy memperoleh 63 suara saat PSU dan pemilihan sebelumnya 71 suara.

Posisi kedua pasangan nomor urut dua Nasrul Abit-Indra Catri memperoleh 14 dari 54 suara, posisi ketiga pasangan nomor satu Mulyadi-Ali Mukni memperoleh 13 dari 47 suara dan posisi ke empat pasangan nomor urut tiga Fahrizal-Genius Umar memperoleh enam dari 10 suara.

Sedangkan posisi pertama pemilihan bupati dan wakil bupati pasangan nomor urut empat Andriwarman-Irwan Fikri memperoleh 54 dari 72 suara, posisi kedua pasangan nomor urut dua memperoleh 22 dari 63 suara.

Sementara posisi ketiga pasangan nomor urut satu memperoleh 11 dari 24 suara dan posisi keempat pasangan nomor urut tiga memperoleh tujuh dari 18 suara.

"Suara tidak sah tidak ada dan pada pemilihan sebelumnya lima surat suara," katanya.

Baca juga: Partisipasi pemilih dalam Pilkada Gorontalo di atas 80 persen
Baca juga: Membaca hasil pilkada Gubernur Sumatera Barat 2020 (2)

Pewarta : Altas Maulana
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar