Diharapkan pembangunan tahap 1 ini selesai akhir tahun, sebelum 31 Desember 2020
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama menargetkan pembangunan Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat, dapat selesai pada akhir Desember 2020 sejak dimulai pembangunannya pada Agustus tahun ini.

"Diharapkan pembangunan tahap 1 ini selesai akhir tahun, sebelum 31 Desember 2020," kata plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Oman Fathurahman kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Asrama Haji Indramayu merupakan fasilitas transit untuk jamaah calon haji dari Jawa Barat yang berangkat dari Bandara Kertajati. Pembiayaan pembangunan asrama haji tersebut menggunakan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Baca juga: Wagub Jabar: Asrama haji di Indramayu dibangun tahun ini

Oman berharap pembangunan asrama tersebut dapat memberi efek positif bagi masyarakat setempat, baik secara spiritual, ekonomi, sosial dan lainnya.

"Kami berharap masyarakat merasa nyaman dengan adanya asrama haji, ekonomi tumbuh dan masyarakat bisa merasakan manfaat lainnya," kata Guru Besar Filologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Baca juga: Menag : asrama haji akan disiapkan jadi tempat karantina umroh

Sesuai arahan Menteri Agama Fachrul Razi, Oman meminta pemanfaatan asrama haji tersebut bisa secara luas, termasuk dalam upaya mendorong pencapaian misi Kementerian Agama yaitu menjaga kerukunan di wilayah setempat.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan rencana pembangunan Asrama Haji Indramayu akan berlangsung hingga 2024.

Baca juga: Kemenag-DPR bahas mitigasi penyelenggaraan haji 2021

Pembangunan tahap 1 diproyeksikan untuk kamar tidur, ruang kerja dan aula. Selanjutnya, akan dibangun fasilitas penunjang lain, antara lain masjid, miniatur Ka'bah, studio manasik dan replika pesawat.

"Kami ikut merancang, membahas dan memutuskan sebelumnya. Setelah melihat hasil jadinya, saya tidak membayangkan bahwa aula bisa jadi sebesar itu. Ini bisa menjadi teladan bagi asrama haji lainnya," kata dia.

Baca juga: Menag sebut masalah kerukunan umat beragama di Aceh sudah selesai

Baca juga: Menag: Tidak ada alasan membubarkan ormas yang berlandaskan Pancasila


 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020