Kim A Lim bangkit untuk juarai AS Terbuka Putri

id Golf,Kim A Lim,Amy Olson

Kim A Lim bangkit untuk juarai AS Terbuka Putri

Kim A Lim mengangkat trofi AS Terbuka Putri di Champions Golf Club, Houston, Texas, AS, pada 14 Desember 2020. (REUTERS/USA TODAY Sports/Erik Williams)

Jakarta (ANTARA) - Pegolf Korea Selatan Kim A Lim mengemas birdie pada tiga lubang terakhir untuk berbalik menjuarai AS Terbuka Putri dengan unggul satu pukulan dan memastikan gelar turnamen utama pertamanya di Houston, Senin waktu setempat.

Kim mengawali babak final itu dengan tertinggal lima pukulan dan sempat diungguli dua pukulan oleh Amy Olson sampai 15 lubang ketika akhirnya dia memanas di venue yang dingin untuk menuntaskan babak final ini dengan 67 pukulan.

Kim menyamai comeback terbesar dalam turnamen ini. Babak final turnamen yang dimundurkan dari Juni menjadi Desember akibat pandemi COVID-19 itu sempat tertunda sehari akibat cuaca buruk.

Baca juga: Seremoni "Hall of Fame" Tiger Woods ditunda hingga 2022 karena pandemi
Baca juga: Turnamen US Women's Open digelar tanpa penonton


"Saya sungguh bahagia," kata pegolf berusia 25 tahun yang membuat debut dalam turnamen ini.

"Melalui COVID-19 kita banyak menghadapi kesulitan, namun saya senang kami mengadakan AS Terbuka Putri di Houston. Sungguh kemenangan yang hebat."

Kim mengaku sempat khawatir karena sempat diungguli menjelang tiga lubang terakhir dan untuk itu dia sudah bertekad untuk merebutnya demi menggapai trofi dan hadiah uang senilai 1 juta dolar AS.

"Saya terus melihat leaderboard (papan klasemen) sepanjang babak ini dan saya sudah tahu berapa banyak pukulan yang saya perlukan untuk bangkit," kata dia.

Sebaliknya hasil ini menambah pilu Olson yang tengah berduka karena ayah mertuanya meninggal dunia mendadak dua hari sebelumnya Sabtu.

"Namun saya senang pada finis keseluruhan saya," kata Olson yang menuntaskan babak final dengan 72 pukulan dan satu birdie.

Ini ketiga kalinya Olson finis 10 besar dalam sebuah turnamen utama dan dia masih terus memburu kemenangan pertama nya dalam LPGA Tour.

Pegolf nomor satu dunia asal Korea Selatan, Ko Jin-young, mengemas dua birdie pada tiga lubang terakhirnya untuk sama-sama menempati urutan kedua bersama Olson.

Pegolf Jepang Hinako Shibuno dan pegolf Amerika Megan Khang finis lima besar di Champions Golf Club yang diadakan tanpa penonton karena pandemi ini, demikian Reuters.

Baca juga: Putra Tiger Woods bersiap untuk debut PGA Tour Desember
Baca juga: Pegolf AS Bill Haas dikonfirmasi positif COVID-19
Baca juga: Lupakan tenis sejenak, Nadal ikuti kejuaraan golf profesional Mallorca

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar