Bandarlampung (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung melakukan kesiapan dengan melakukan pengecekan sejumlah ruas jalan terutama Jalan Tol Trans Sumatera Lampung guna pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi di Bandarlampung, Selasa, menerangkan, pihaknya telah melakukan pemantauan langsung di sejumlah area jalan tol.

"Kami sebelumnya melakukan pergelaran personel gabungan di rest area Gerbang Tol Pematang Panggang, Mesuji Lampung," ujarnya.

Baca juga: Polres Garut cek kesiapan jalur pengamanan jelang libur tahun baru

Dalam pengecekan sekaligus kunjungannya tersebut, pihaknya telah mengantisipasi sejumlah hal yang mungkin terjadi saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Baik bagi pengendara yang baru menggunakan jalur tol hingga kesiapan lainnya dalam sarana prasarana penunjang di jalur jalur yang dilintasi pengendara di wilayah hukum Polda Lampung," jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam mengendarai kendaraan.

“Perhatikan rambu rambu lalulintas yang terpasang serta perhatikan batas kecepatan maksimum jika berada di jalan tol yang telah ditentukan. Disamping tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 saat ini, " ujarnya.

Donny juga menyatakan Ditlantas bersama pengelola tol seperti Hutama Karya telah mengantisipasi keamanan perjalanan pengendara melalui kesiapan 400 personel yang juga tergabung dan bekerja sama dengan unsur TNI-Polri serta Basarnas.

"Dengan sinergitas yang baik antar instansi tersebut diharapkan tugas akan di jalankan personel mampu terlaksana secara baik pula," terangnya.

Sementara untuk titik-titik rawan kemacetan yang berada di kawasan Lampung, pihaknya belum terdapat kemacetan yang terlalu parah. Jika pun ada pihaknya sudah sangat mengantisipasi.

Dony menghawatirkan para pengguna jalan yang kurang sadar aturan lalu lintas atau tidak tertib saat mengendarai kendaraan serta melanggar rambu-rambu kecepatan akhirnya bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Pengelola Tol Cipali antisipasi lonjakan kendaraan pada libur Natal
Baca juga: Luhut: Pemerintah perketat aktivitas saat libur Natal-Tahun Baru
Baca juga: Polda Metro tidak terbitkan izin keramaian untuk Tahun Baru 2021

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020