Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Faisol Riza meminta kepada BUMN perkeretaapian PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk meningkatkan pertumbuhan penumpang hingga 11,9 persen per tahun, di mana target itu diperlukan untuk mendukung penambahan gerbang baru sebanyak 4.646 gerbong dan railway sepanjang 6.000 kilometer selama 5 tahun ke depan.

"Saya titip agar PT KAI memproyeksikan pertumbuhan penumpang 11,9 persen per tahun sehingga dalam 5 tahun membutuhkan 4.646 gerbong baru dan tentu saja pertumbuhan railway baru sepanjang 6.000 kilometer," kata Faisol lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Faisol juga meminta kepada perusahaan pelat merah itu untuk mengkaji ulang rencana induk perkeretaapian nasional.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan memiliki rencana induk perkeretaapian hingga 2030 termasuk di dalamnya adalah pengembangan secara bertahap jalur rel di luar Pulau Jawa.

Rencana induk perkeretaapian tersebut juga memetakan kawasan industri yang memiliki potensi angkutan barang cukup besar di luar pulau Jawa. Kondisi tersebut dikarenakan potensinya populasinya yang tidak sebesar di pulau Jawa.

"Kami juga meminta agar rencana induk perkeretaapian nasional, dan pemerintah harus membantu penyederhanaan serta sinkronkan regulasi sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo," ujar Faisol.


Baca juga: Kenaikan jumlah penumpang KA harus disertai peningkatan keamanan 

Baca juga: Penumpang KA di Daop Surabaya tunjukkan naik tiap bulan

Baca juga: Peningkatan penumpang 88 persen di Daop 1 Jakarta


 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020