Pasangan "NIAT" unggul rekapitulasi Pilkada Gresik 2020

id KPU Gresik, KPU,Pilkada Gresik,Pilkada 2020,KPU,pilkada,pilkada serentak,pilkada serentak 2020,pilkada 2020

Pasangan "NIAT" unggul rekapitulasi Pilkada Gresik  2020

Pelaksanaan rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara Pilkada Gresik di Hotel Aston, Gresik, Kamis (17/12) dini hari (ANTARA /A Malik Ibrahim)

Gresik, Jatim (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gresik nomor urut 2 Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah (NIAT) unggul dalam rekapitulasi keseluruhan, setelah pada Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pilkada Gresik 2020 yang berlangsung hingga Kamis dini hari memperoleh 369.844 suara (51 persen).

Pesaingnya, yang juga petahana paslon nomor urut 2 Moh Qosim-Asluchul Alif (QA) mendapat 355.611 suara (49 persen).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik Akhmad Roni di Gresik mengatakan setelah dilakukan rekapitulasi secara keseluruhan, pihaknya masih menunggu apakah ada permohonan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Penetapan paslon terpilih tidak bisa langsung kami tetapkan, menunggu apakah ada permohonan di MK. Kami masih menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi. Kami menunggu secara resmi dari MK dan informasi dari KPU RI," ujar Roni kepada wartawan.

Baca juga: Risma minta Kabupaten Gresik nantinya lebih ramah anak

Baca juga: Tujuh pemilih di Desa Kemudi Gresik terpaksa didatangi KPPS dengan APD


Ia mengatakan, batas waktu yang diberikan adalah 3 x 24 jam untuk menyampaikan masa sanggah bagi paslon yang tidak setuju dengan hasil rekapitulasi keseluruhan.

Sementara itu, pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan suara Pilkada Gresik berakhir Kamis pukul 03.25 WIB di Hotel Aston, Kabupaten Gresik.

Hasil rekapitulasi, masing-masing paslon sama-sama menang di sembilan kecamatan, dan paslon "NIAT" unggul tipis dari petahana dengan selisih 14.233 suara (dua persen).

Sedangkan total jumlah surat suara yang masuk mencapai 745.229 surat suara, rincian-nya surat suara sah 725.455, jumlah suara tidak sah 19.744. Sementara DPT untuk Pilkada Gresik 2020 sebanyak 918.192 pemilih/orang yang berarti angka partisipasi mencapai 80 persen.

Pelaksanaan Pilkada Gresik diikuti dua paslon, yaitu pasangan nomor urut 1, Moch Qosim dan Asluchul Alif (QA) yang diusung dua parpol (PKB 13 kursi dan Gerindra 8 kursi).

Kemudian nomor urut 2, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT) yang diusung enam parpol (Partai Golkar dengan raihan 8 kursi, PDIP 6 kursi, NasDem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, dan PPP dengan 3 kursi).

Baca juga: Khofifah pastikan Pilkada bisa digelar dengan protokol kesehatan

Baca juga: KPU Gresik desain semua TPS ramah penyandang disabilitas

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar