Pemain muda PSM nyaman di timnas U-16 meski baru bergabung

id psm makassar,timnas u16,victor dethan,piala asia u16

Pemain muda PSM nyaman di timnas U-16 meski baru bergabung

Pemain muda PSM Makassar Victor Jonson Benjamin Dethan berlatih di Sleman, Yogyakarta, Kamis (17/12/2020). Victor menjadi salah satu pemain baru timnas U-16 dalam pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta pada 6-23 Desember 2020. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pemain muda PSM Makassar Victor Dethan mengaku merasa nyaman di tim nasional U-16 meski dirinya baru bergabung dengan skuat asuhan pelatih Bima Sakti itu pada awal Desember 2020.

Bahkan, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis, pemain keturunan Kanada itu menganggap timnas U-16 sebagai "rumah kedua" setelah klubnya.

"Saya merasa nyaman di sini. Ini merupakan rumah kedua saya setelah PSM Makassar," ujar pesepak bola kelahiran Kupang, Nusa Tenggara Timur, tersebut.

Baca juga: PSSI: TC timnas U-16 di Yogyakarta berjalan tanpa kendala

Menurut Viktor, rekan-rekannya di skuat menerimanya dengan tangan terbuka dan memperlakukannya sama dengan yang lain.

Pemain berposisi sayap itu pun mengapresiasi upaya staf pelatih timnas U-16 yang berupaya sedemikian rupa agar pemain bisa saling mengenal satu sama lain.

Misalnya, staf timnas U-16 merotasi rekan semeja makan dan sekamar pemain secara reguler.

"Jadi saya sudah terbiasa dan akrab dengan teman-teman lain," kata Viktor.

Setelah dipanggil ke pemusatan latihan (TC) timnas U-16 di Yogyakarta, pria bernama lengkap Victor Jonson Benjamin Dethan itu pun ingin menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Baca juga: Pelatih puas dengan perkembangan fisik timnas U-16

Walau intensitas latihan timnas U-16 lebih berat dibandingkan klub, Victor berjanji bekerja keras supaya dapat mengisi satu tempat di skuat yang akan bertanding di Piala Asia U-16 tahun 2021.

"Intensitas latihan di sini tinggi, tetapi itu tidak masalah. Saya berharap bisa terus dipanggil dan membela Indonesia di turnamen mendatang," tutur dia.

Victor dan 25 pemain lainnya mengikuti TC timnas U-16 di Sleman, Yogyakarta, yang berlangsung pada 6-23 Desember 2020.

TC itu menjadi persiapan menuju Piala Asia U-16 yang, berdasarkan kalender AFC, berlangsung pada 1-17 April 2021 di Bahrain.

Pada turnamen tersebut, Indonesia yang menjadi satu-satunya perwakilan Asia Tenggara berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan China.

Baca juga: Intensitas latihan Timnas U-16 ditingkatkan jelang Piala Asia

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar