Padang (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam orasinya di Wisuda Universitas Negeri Padang, menyinggung peran tokoh Sumatera Barat dalam mempertahankan kemerdekaan RI melalui pembentukan kabinet darurat yang diprakarsai Mr. Sjahruddin Prawiranegara.

Dikatakan LaNyalla, acara wisuda UNP ke-121, bertepatan dengan peringatan Hari Bela Negara. Yakni peringatan deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948, setelah militer Belanda melancarkan Agresi ke-II dan menangkapi para pemimpin republik, termasuk Soerkarno-Hatta.

“PDRI menjadi penyelenggara pemerintahan RI sementara, melalui Kabinet Darurat yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara. PDRI yang berpusat di Bukittinggi, Sumatera Barat, punya peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Inonesia,” ungkap LaNyalla, di depan para wisudawan UNP, Sabtu.

Kepada Rektor UNP Prof. Ganefri, LaNyalla berharap UNP dapat mendorong alumni UNP untuk kembali ke daerahnya masing-masing, dengan fokus membangun wilayah asalnya.

“Setelah menimba ilmu sebanyak-banyaknya, maka setiap alumnus diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah dengan kembali dan membangun daerah masing-masing. Karena kunci keutuhan NKRI adalah kesejahteraan dan kemakmuran,” ucap LaNyalla.

Tema orasi; Peran Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dalam Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang disampaikan Ketua DPD RI juga menyinggung tentang kontribusi DPD RI sebagai wakil daerah.
Baca juga: Ketua DPD RI raih Obsession Awards 2020 sebab memotivasi bangun negeri
Baca juga: Ketua DPD soroti satu kampung golput gara-gara belum ada listrik


Dikatakan, DPD RI selain melakukan fungsi legislasi terkait otonomi daerah, juga aktif melakukan pengawasan fungsi Undang-Undang dengan orientasi peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat daerah.

“Oleh karena itu saya berharap, kampus tidak berhenti dengan penelitian dan pengabdian masyarakat saja, tetapi memastikan terobosan dan inovasi tersebut dapat diterapkan di masyarakat. Jadi alumni lebih baik kembali ke daerah masing-masing. Bangun daerah kita,” tandasnya.

LaNyalla juga meminta empat Senator asal Sumatera Barat, masing-masing Emma Yohana, Muslim M Yatim, Alirman Sori, dan Leonardi Harmaini, memberi perhatian kepada dunia Pendidikan tinggi di Sumatera Barat.

“Terutama meningkatkan kualitas mutu pendidikan, dan kemampuan melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi, relevan dengan kebutuhan pembangunan bangsa di masa depan,” sebutnya.

Karena, tambahnya, bersandar pada kekuatan Sumber Daya Alam (SDA) saja tidak cukup dalam membangun daerah, karena SDA bersifat terbatas. Harus diimbangi pengembangan Sumber daya Manusia (SDM), karena nilainya tidak terbatas.

“Apalagi ke depan, kompetisi antar-bangsa tidak lagi hanya berdasarkan keunggulan komparatif atau SDA, melainkan sudah bergeser menjadi keunggulan kompetitif, yaitu SDM,” tutup LaNyalla.
Baca juga: Ketua DPD miris ada ibu bunuh tiga anak gara-gara himpitan ekonomi

Pewarta: Maswandi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020