Bandung (ANTARA) -
Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Eddy Djunaedi meminta masyarakat agar tidak keluar rumah atau melakukan kegiatan yang mengundang keramaian pada malam Tahun Baru 2021.
 
"Kepada masyarakat harap diketahui bersama bahwa saat ini pandemi COVID-19 belum selesai, mari sama sama kita menahan diri, lebih baik di rumah saja," kata Eddy di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Baca juga: Gubernur Jabar terbitkan edaran larangan perayaan Tahun Baru 2021
 
Selain itu, meskipun ia tidak melarang kendaraan menuju ke kawasan wisata, pihaknya bakal melakukan sejumlah pembatasan di sekitar jalur wisata yang kerap dipadati masyarakat.
 
Ia juga menyampaikan pihaknya belum berencana menutup sejumlah ruas jalan tol. Namun, pihaknya memastikan rekayasa di jalan tol bersifat situasional.
 
"Jadi sudah diatur oleh pemda masing-masing, jadi kita nanti hanya melakukan pengamanan, berkaitan dengan penyekatan yang ada di wilayah masing-masing," kata dia.

Baca juga: Polda Jabar amankan tiga jalur lalu lintas saat Operasi Lilin 2020
 
Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memastikan pihaknya bersama TNI dan Polri bakal menindak tegas pihak yang melanggar aturan protokol kesehatan.
 
Menurut dia, aparat penegak hukum sudah terbiasa dan profesional dalam mencegah dan menangani para pelanggar protokol kesehatan. Termasuk nantinya pada saat perayaan Tahun Baru 2021.

Baca juga: Survei: Sembilan persen warga Jabar tak bersedia divaksinasi COVID-19
 
"Bagi mereka yang suka kucing-kucingan dengan aparat, maka kita sudah paham dan profesional, karena masa AKB ini sudah lama, biasanya tempat parkir gelap, tapi tempat kegiatan penuh," kata Uu.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020