Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar terima penghargaan "Green Leadership"

id green leadership,gubernur sumbar,KLHK

Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar terima penghargaan "Green Leadership"

Gubernur Sumbar terima penghargaan dari KLHK. ANTARA/HO-KLHK

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Supardi mendapatkan penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah dihubungi dari Padang, Senin mengatakan Green Leadership merupakan program KLHK secara nasional, memberikan penilaian kepada pimpinan daerah (Gubernur dan Ketua DPRD) yang mempunyai komitmen untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di daerah, didukung inovasi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan.

"Tim dari KLHK menilai Gubernur dan Ketua DPRD memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga kualitas lingkungan hidup," katanya.

Baca juga: 12 Kepala Daerah di Sumbar terima Penghargaan KLHK

Menurutnya komitmen dari kepala daerah itu juga diuji oleh tim panelis independen saat mempresentasikan data capaian dan inovasi berkaitan isu lingkungan di daerah.

Siti menyebut dalam sepuluh tahun terakhir Sumbar selalu masuk tiga besar dalam penilaian Green Leadership dari KLHK. Penghargaan tahun 2020 ini adalah penghargaan dari penilaian yang dilaksanakan pada 2019.

"Tahun ini Gubernur dan Ketua DPRD mendapatkan peringkat satu nasional," katanya.

Baca juga: 28 Perusahaan raih penghargaan "zero accident" di Sumbar

Selain itu enam kabupaten dan kota di Sumbar juga menerima penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra pada 2020. Enam daerah itu masing-masing Kabupaten Pesisir Selatan, Dharmasraya, Kota Padang, Padang Panjang, Payakumbuh dan Bukittinggi.

Namun dari seluruh penghargaan itu hanya Gubernur Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Supardi yang menerima penghargaan secara langsung di Jakarta. Sementara enam kepala daerah lain menerima penghargaan secara virtual.

"Penghargaan ini adalah bukti bahwa Sumbar sangat peduli terhadap kualitas lingkungan hidup," kata Siti.

Baca juga: 10 sekolah di Sumbar terima penghargaan Adiwiyata

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar