Harga telur ayam murah ada di 15 pasar di DKI Jakarta

id gelar pangan murah,telur ayam murah, dinas kpkp dki jakarta, badan ketahanan pangan, kementerian pertanian

Harga telur ayam murah ada di 15 pasar di DKI Jakarta

Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Keluatan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Selatan melakukan pengecekan telur dalam sidak pangan jelang perayaan Natal dan tahun baru 2020 di Galael Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (21/12/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 15 pasar yang tersebar di wilayah DKI Jakarta menjadi lokasi Gelar Pangan Murah (GMP) khusus komoditas telur ayam dengan harga jual Rp24 ribu per kilogram (kg).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Dinas KPKP) DKI Jakarta, Bambang, saat dikonfirmasi pada Rabu mengatakan, GMP telur ayam ini berlangsung 23-30 Desember 2020.

"Gelar Pangan Murah telur ini dilaksanakan di pasar-pasar yang harga jual telurnya tinggi,  yakni Rp30 ribu per kg," kata Bambang.

Gelar Pangan Murah telur ini dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas KPKP DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya.

Tujuannya untuk menekan harga jual telur yang mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2021. Kenaikan harga telur ini mencapai 10 persen atau melebihi harga yang ditetapkan oleh pemerintah di tingkat pembeli, yakni Rp24 ribu.

"Pangan murah telur ini menjual telur langsung ke masyarakat dengan harga Rp24 per kg, setiap orang dibolehkan membeli maksimal dua kilogram," kata Bambang.

Baca juga: DKI Jakarta siapkan operasi pasar kendalikan harga telur

Pangan murah telur ini dilaksanakan di sejumlah pasar dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh penyelenggara. Di Jakarta ada 15 pasar yang menjadi lokasi GMP telur.

Ke 15 pasar itu, yakni Pasar Tebet Barat, Pasar Lenteng Agung, Pasar Cijantung, Pasar Pal Merah, Pasar Tomang Barat, Pasar Pademangan Timur dan Pasar Glodok. Pasar Petojo Ilir, Pasar Pondok Labu, Pasar Cempaka Putih, Pasar Pluit, Pasar Cipete Selatan, Pasar Pos Penguben, Pasar Kebayoran Lama serta Pasar Rawamangun.

Jadwal dan lokasi GMP telur ini dapat dilihat dan diikuti oleh masyarakat lewat sosial media Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta dan Badan Ketahanan Pangan, Kementan (@dkpkp.jakarta dan @badanketahananpangan).

GMP telur ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga memudahkan dan meringankan masyarakat dalam mencukupi kebutuhannya di tengah pandemi COVID-19 serta menghadapi libur natal, tahun baru 2021.

"Sesuai tujuannya, GMP telur ini untuk meringankan beban masyarakat," kata Bambang.

Baca juga: Jelang Natal, harga telur di Pasar Tebet Barat tembus Rp30 ribu per kg

GMP telur ini dapat diakses masyarakat mulai pukul 07.00 WIB. Berikut informasi jadwal dan lokasi pasar digelar GMP telur ayam ras.

Tanggal 23-24 Desember, lima lokasi GMP telur ayam, yakni Pasar Tebet Barat, Pasar Lenteng Agung, Pasar Cijantung, Pasar Pal Merah dan Pasar Tomang Barat.

Lalu tanggal 27-29 Desember 2020, lokasinya ada di Pasar Pademangan Timur, Pasar Glodok, Pasar Petojo Ilir, Pasar Pondok Labu dan Pasar Cempaka Putih.

Selanjutnya tanggal 29-30 Desember 2020, berlokasi di Pasar Pluit, Pasar Cipete Selatan, Pasar Pos Pengumben, Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Rawamangun.

Selain di Jakarta, GMP telur juga dilaksanakan di Bogor pada tangal 23-30 Desember 2020 oleh Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia (TTI) Bogor di Jalan Tentara Pelajar No 1, Cimanggu, Bogor.

Bambang menambahkan, masyarakat yang hendak membeli telur di GMP ini diharuskan menerapkan protokol kesehatan, wajib pakai masker dan menjaga jarak.

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar