Jumlah LHR di momen Natal-Tahun Baru ini mengalami kenaikan 22.987 kendaraan dari 57.991 kendaraan LHR normal sebelum Natal-Tahun Baru, menjadi 80.978 kendaraan
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencatat 80.978 kendaraan telah melintas di jalan tol tersebut pada hari pertama libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengatakan bahwa Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) kendaraan yang melintas di JTTS mengalami peningkatan hingga 40 persen dibanding kondisi normal.

“Jumlah LHR di momen Natal-Tahun Baru ini mengalami kenaikan 22.987 kendaraan dari 57.991 kendaraan LHR normal sebelum Natal-Tahun Baru, menjadi 80.978 kendaraan. Adapun ruas tol di JTTS yang menyumbang LHR tertinggi yakni Tol Bakter dengan jumlah LHR sebanyak 39.174 kendaraan," kata Suroto di Jakarta, Kamis.

Baca juga: ASDP: 50.000 orang berangkat dari Jawa ke Sumatera pada H-2 Natal

Angka tersebut merupakan akumulasi LHR kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, GT Terbanggi Besar di ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, GT Palembang di ruas Palembang – Indralaya, GT Pekanbaru di ruas Pekanbaru – Dumai, dan GT Blang Bintang di ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 4 pada hari Rabu (23/12).

Suroto menyampaikan jika dibanding dengan momen yang sama pada tahun lalu, LHR di seluruh ruas tol Hutama Karya khususnya di JTTS mengalami penurunan.

“Kami melihat puncak kendaraan yang melintas adalah hari ini Kamis (24/12) pukul 12.00 tadi mengingat ini merupakan hari libur pertama di momen Natal-Tahun Baru,” katanya.

Baca juga: Libur akhir tahun, tol Medan-Binjai seksi I dioperasikan fungsional

Hutama Karya, kata dia, juga memutuskan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Medan – Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia – Marelan – Helvetia) Segmen Tanjung Mulia – Marelan sepanjang 4,2 km pada hari Rabu (23/12) dan ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) sepanjang 16 km pada Kamis (24/12) tanpa pengenaan tarif.

“Setelah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada masing-masing ruas tersebut akhirnya diputuskan untuk membuka jalur tersebut selama momen libur Natal-Tahun Baru sesuai arahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui Surat Terkait Pelaksanaan Jalur Fungsional Jalan Tol pada Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," ujar Suroto.

Adapun kedua jalur fungsional tersebut akan dibuka sampai dengan hari Senin (4/1) pukul 18.00 WIB dengan masa operasional 24 jam pada ruas Medan – Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia – Marelan – Helvetia) dan masa operasional 12 jam pada ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

"Meskipun belum dikenakan tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik untuk dapat melintas di Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) ini,” kata Suroto.

Baca juga: KSP: Pembangunan Tol Trans-Sumatera tumbuhkan wilayah ekonomi baru

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020