Karawang (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama pihak kepolisian sempat memberlakukan "contraflow" sepanjang 21 kilometer di jalan Tol Jakarta-Cikampek menyusul padatnya arus lalu lintas para hari pertama libur panjang Natal, Kamis.

Corry Annelia Poundti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, dalam siaran pers yang diterima di Karawang menyampaikan rekayasa lalu lintas "contraflow" diberlakukan sejak Kamis pagi hingga siang.

Hal tersebut dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yang sempat padat pada hari pertama libur Natal.

Baca juga: Tol arah Cikampek lancar, Jasa Marga hentikan "contraflow"

Baca juga: Jasa Marga perpanjang pemberlakuan contraflow tol Japek arah Cikampek


Pada awalnya "contraflow" diberlakukan di sepanjang 14 kilometer jalan Tol Jakarta-Cikampek, mulai dari Kilometer (KM) 47 sampai KM 61. Kemudian diperpanjang, dari Kilometer 40 sampai KM 61.

Rekayasa lalu lintas "contraflow" yang diberlakukan pihak Jasa Marga atas diskresi kepolisian itu diberlakukan sejak pukul 08.30-10.30 WIB.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Karawang AKP Rizky Adi Saputro menyampaikan pada hari pertama libur Natal ini terjadi peningkatan kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek.

Sejak pagi hingga sore, kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek didominasi kendaraan pribadi.

Mengenai rekayasa lalu lintas "contraflow", itu diberlakukan situasional. Jika terjadi kepadatan, petugas Jasa Marga bersama pihak kepollisian langsung memberlakukan "contraflow".

Baca juga: 254.673 kendaraan tinggalkan Jakarta lewat Cikampek pada libur panjang

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020