Saya merasa terhormat dan senang dapat bergabung dalam keluarga besar ASEAN di Moskow
London (ANTARA) -  

Dubes RI-Designate untuk Federasi Rusia, Jose Tavares, menyampaikan kesiapan Indonesia bekerja sama dan mendukung program Komite ASEAN Moskow (KAM) untuk meningkatkan solidaritas serta mempromosikan ASEAN di Rusia.

Jose Tavares mengungkapkan hal ketika berbicara dalam pertemuan Komite ASEAN Moskow (KAM) di Moskow, Rusia, Kamis (24/12) yang berlangsung secara daring, sesuai dengan situasi pandemi COVID-19, Pensosbud KBRI Moskow Enjay Diana mengatakan kepada Antara London, Kamis.

Pada pertemuan KAM itu dilakukan evaluasi kegiatan selama 2020 dan disepakati rencana kegiatan bersama tahun 2021.

Para Duta Besar negara anggota ASEAN untuk Rusia juga menyambut hangat Dubes RI yang tiba di Moskow 13 Desember lalu.

“Saya merasa terhormat dan senang dapat bergabung dalam keluarga besar ASEAN di Moskow”, kata Dubes Jose Tavares, yang sebelumnya menjabat Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI 2016-2020.

Beberapa kegiatan bersama disepakati untuk 2021, antara lain, ASEAN Day dan pertemuan dengan Kemlu Rusia.

Selain itu, secara resmi Dubes Vietnam, Ngo Duc Manh, menyerahkan tongkat estafet Keketuaan KAM kepada Dubes Haini Hashim dari Brunei Darussalam untuk memimpin periode satu tahun ke depan.

Rotasi pergantian ketua KAM disesuaikan dengan keketuaan di ASEAN.

KAM merupakan satu dari 54 Komite ASEAN yang tersebar di dunia dan beranggotakan perwakilan negara-negara anggota ASEAN di setiap negara di mana Komite tersebut berada.

Saat ini semua negara anggota ASEAN memiliki Perwakilan atau Kedutaan Besarnya masing-masing di Moskow.

KAM secara teratur bertemu dan bertukar pandangan tentang perkembangan hubungan ASEAN-Rusia serta mengkoordinasikan kegiatan bersama mempromosikan ASEAN di Rusia.

Rusia menjadi negara Mitra Dialog ASEAN sejak 1996. Pemerintah Rusia mengakreditasikan Dubesnya untuk ASEAN sejak tahun 2009 dan membuka kantor Perwakilan Tetapnya untuk ASEAN di Jakarta yang diresmikan oleh Menlu Rusia, Sergey Lavrov, pada 2017.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020