Kedatangan saya ke Bali ini untuk memastikan protokol kesehatan telah dijalankan dengan disiplin di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, yaitu Bali,.
Badung (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja pertamanya sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo  untuk memastikan penerapan protokol kesehatan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2020 di Bali.

"Kedatangan saya ke Bali ini untuk memastikan protokol kesehatan telah dijalankan dengan disiplin di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, yaitu Bali," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, Minggu.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf mengamati secara langsung penerapan protokol kesehatan CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environmental Sustainability (Keberlangsungan Lingkungan) di Bandara Ngurah Rai.

Baca juga: Percepat pemulihan wisata, Sandi Uno ajak dialog pemda se-Indonesia

Ia melihat langsung alur penumpang yang tiba di bandara mulai turun dari pesawat, validasi formulir deklarasi kesehatan (E-HAC) dan surat keterangan Polymerase Chain Reaction (PCR) serta memantau alur penumpang saat mengambil bagasi.

Menparekraf Sandiaga Uno kemudian menuju area luar Terminal Domestik dan meninjau layanan tes cepat COVID-19 bagi calon penumpang.

"Kebetulan kita lihat dengan mata kepala sendiri proses penerapan protokol kesehatan yang hanya bertambah tiga detik dari keseluruhan tahapan yang mengacu pada protokol yang sudah ditetapkan. Saya harapkan kepatuhan dari para wisatawan dan para pengunjung yang datang ke Bali dari seluruh daerah, karena ini untuk kepentingan bersama. Kita patuhi dengan betul-betul ketat dan disiplin," katanya.


Baca juga: Sandiaga Uno diyakini mampu bangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif

Rencananya, selain di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Menparekraf Sandiaga Uno juga akan meninjau penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE di berbagai destinasi wisata lainnya di Pulau Dewata hingga Senin (28/12).

Selain itu, ia juga dijadwalkan akan bertemu dengan jajaran pemerintah daerah di Bali serta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berdiskusi dan mendapat masukan dan kendala-kendala yang dihadapi, agar mendapatkan strategi terbaik ke depan.

"Ini blusukan, kita bisa melihat langsung standar CHSE yang sudah diinisiasi yang memang harus dicek implementasinya di lapangan. Bali menjadi semacam champion proses reaktivasi pariwisata nasional pascapandemi,” ujarnya.

Ia menambahkan dirinya optimistis tanda-tanda kebangkitan pariwisata Bali mulai terlihat. Di tengah pandemi, sejak Mei 2020 tercatat kedatangan pesawat ke Bali mulai naik 10 kali lipat.

Menparekraf Sandiaga Uno juga yakin bahwa Bali telah sepenuhnya siap menyambut kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru 2021, sekaligus makin siap menyongsong kebangkitan pariwisata.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020