Sepak bola dunia 2020 dalam selimut pandemi

id Kaleidoskop 2020,Sepak Bola Dunia,Diego Maradona

Sepak bola dunia 2020 dalam selimut pandemi

Pemain Bayern Munich Robert Lewandowski menerima trofi penghargaan Pemain Terbaik Tahun 2020 pada ajangĀ Globe Soccer Awards diĀ Armani hotel, Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab (27/12/2020). ANTARA FOTO/LaPresse / Handout melalui REUTERS / Fabio Ferrari / aww.

Jakarta (ANTARA) - Tahun 2020 menjadi yang berat bagi sepak bola internasional karena segala kompetisi dan turnamen dihentikan atau dimundurkan oleh pandemi COVID-19 demi membendung penyebaran virus penyakit itu, termasuk Serie A Italia, Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman dan lainnya.

Penundaan itu ditempuh setelah berbagai negara menerapkan kebijakan-kebijakan dalam membendung penyebaran pandemi yang menelan ratusan ribu nyawa manusia di seluruh dunia.

Ketika kompetisi akhirnya dilanjutkan karena grafik kasus menurun di beberapa tempat, termasuk lima besar liga Eropa, kebijakan baru terkait protokol kesehatan dan penyesuaian aturan main, regulasi keamanan, jadwal pertandingan dan lainnya pun diadopsi.

Sepak bola dunia pada tahun pandemi ini juga ditinggalkan untuk selamanya oleh dua legendanya, yakni Diego Maradona dan Paolo Rossi.

Tahun ini pula, sepak bola dikagetkan oleh kabar Lionel Messi ingin meninggalkan Barcelona pada awal musim 2020/2021.

Berikut, tanggal-tanggal menarik yang terjadi dalam dunia sepak bola sepanjang 2020 dari berbagai sumber:

JANUARI
3 Januari, Juventus memboyong Dejan Kulusevski dari Atalanta untuk langsung dipinjamkan ke Parma hingga akhir musim 2019-2020.

6 Januari, Gelandang legendaris AS Roma dan Italia, Daniele De Rossi, gantung sepatu dalam usia 36 tahun setelah hanya enam bulan membela Boca Juniors.

13 Januari, Real Madrid menjuarai Piala Super Spanyol setelah mengalahkan rival sekota Atletico 4-1 lewat adu penalti.

14 Januari, Barcelona memecat pelatih Ernesto Valverde dan menunjuk Quique Setien sebagai penggantinya.

19 Januari, Erling Haaland melakukan debut brilian bersama Borussia Dortmund setelah mencetak hattrick ke gawang Augsburg dalam pertandingan Bundesliga.

31 Januari, Bruno Fernandes resmi berseragam Manchester United setelah dibeli dari Sporting Lisbon dalam kontrak yang akan habis pada 2025.

31 Januari, Lionel Messi mencetak gol ke-500 untuk Barcelona saat melawan Leganes dalam Copa del Rey.

FEBRUARI
13 Februari, Chelsea mendapatkan gelandang Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam, namun baru bisa bermain bersama The Blues musim ini.

15 Februari, Manchester City dijatuhi sanksi larangan tampil dalam kompetisi Eropa selama dua musim oleh UEFA karena melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).   Sanksi itu dibatalkan Juli tahun ini juga.

23 Februari, Cristiano Ronaldo mencatatkan laga ke-1.000 dalam karier profesionalnya ketika Juventus mengalahkan SPAL 2-1 dalam Liga Italia.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: PON Papua punya cerita
 
MARET
1 Maret, Manchester City juara Piala Liga Inggris setelah menaklukkan Aston Villa 2-1 di Stadion Wembley.

4 Maret, Legenda Barcelona dan tim nasional Brasil, Ronaldinho, ditahan polisi Paraguay karena masuk negara ini dengan menggunakan paspor palsu.

9 Maret, Liga Italia resmi ditangguhkan sementara akibat penyebaran virus corona yang meluas di negara yang waktu itu paling parah terkena pandemi di dunia.

13 Maret, Pelatih Arsenal Mikel Arteta positif terjangkit COVID-19. Liga Premier Inggris resmi ditunda disusul oleh Ligue 1 Prancis,  Liga Champions dan Liga Europa.

17 Maret, UEFA menunda Euro 2020 akibat virus corona untuk digeser ke Juni-Juli 2021.

18 Maret, Copa America menyusul Euro untuk dimundurkan ke 2021.

22 Maret, Mantan presiden Real Madrid Lorenzo Sanz meninggal dunia akibat COVID-19.

23 Maret, LA Liga Spanyol dihentikan sementara akibat penyebaran COVID-19 di negeri ini.

APRIL
6 April, Bek Manchester City Kyle Walker melanggar protokol kesehatan setelah menggelar pesta di kediamannya.

8 April, Ronaldinho bebas dari penjara setelah tersandung kasus paspor palsu saat memasuki Paraguay.

25 April, Liga Belanda menghentikan kompetisi tanpa ada tim yang dinobatkan juara musim 2019-2020.

30 April, Liga Prancis resmi dihentikan dan memutuskan Paris Saint-Germain sebagai juaranya.

MEI
16 Mei, Bundesliga Jerman menjadi liga elite Eropa pertama yang kembali melanjutkan kompetisi.

29 Mei, LA Liga mengumumkan kompetisinya bergulir lagi mulai 12 Juni.

Baca juga: Momen-momen penting dalam olah raga sepanjang 2020
 
JUNI
17 Juni, Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga musim 2019-2020 usai mengalahkan Werder Bremen 1-0.

18 Juni, Liga Premier Inggris kembali bergulir setelah ditangguhkan karena pandemi COVID-19. Laga Manchester City melawan Arsenal menjadi pertandingan pembuka.

20 Juni, Serie A Italia dilanjutkan setelah beberapa pertandingan pada musim 2019-2020 ditunda. Restart kompetisi ini dimulai dengan pertandingan Torino melawan Parma.

27 Juni, Liverpool menjuarai Liga Premier Inggris 2019-2020. The Reds mengakhiri puasa gelar liga domestik selama 30 tahun.

30 Juni, Lionel Messi mencetak gol ke-700 sepanjang kariernya saat Barcelona bermain imbang 2-2 melawan Atletico Madrid.

JULI 
17 Juli, Mantan pemain Chelsea Andre Schurrle memutuskan pensiun meski usianya baru 29 tahun. Schurrle membela timnas Jerman saat menjuarai Piala Dunia 2014.

26 Juli, Juventus resmi menjuarai Scudetto yang kesembilan berturut-turut setelah menang 2-0 atas Sampdoria. Gol Juventus dicetak oleh Cristiano Ronaldo dan Federico Bernardeschi.

AGUSTUS
4 Agustus, Kiper legendaris Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas, memutuskan pensiun pada usia 39 tahun setelah mengalami serangan jantung saat bersama klub terakhirnya, Porto.

9 Agustus, Juventus resmi menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih baru manggantikan Maurizio Sarri. Pirlo sudah mengantongi lisensi kepelatihan UEFA Pro pada Agustus 2019.

14 Agustus, Barcelona mengalami kekalahan terbesar dalam sejarahnya ketika dibantai 2-8 oleh Bayern Muenchen dalam perempat final Liga Champions.

17 Agustus, Mantan kapten Manchester City Vincent Kompany mengakhiri kariernya dalam usia 34 tahun untuk fokus melatih Anderlecht yang merupakan tim pertamanya.

17 Agustus, Lionel Messi menyatakan mengirimkan burofax kepada Barcelona bahwa dia ingin meninggalkan Camp Nou.

19 Agustus, Barcelona resmi menunjuk eks gelandang mereka, Ronald Koeman, sebagai pelatih tak lama setelah Quique Setien dipecat.

23. Bayern Muenchen menjadi raja Eropa setelah menjuarai Liga Champions 2019-2020 berkat menang tipis 1-0 atas PSG dalam final.

Baca juga: Bulu tangkis Indonesia, antara pandemi dan prestasi
 

SEPTEMBER
4 September, Lionel Messi memutuskan bertahan di Barcelona setelah mengajukan permohonan transfer melalui burofax. Kontrak La Pulga di Camp Nou hanya berlaku hingga musim panas 2021.

6 September, Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda timnas Spanyol sepanjang sejarah saat menang 4-0 atas Ukraina dalam UEFA Nations League.

OKTOBER
4 Oktober, Liverpool dibantai Aston Villa 2-7 di Villa Park. Ini menjadi yang pertama sejak mereka kemasukan tujuh gol pada 1963.

24 Oktober, Ajax Amsterdam menang 13-0 atas VVV Venlo dalam liga Belanda Eredivisie dan rekor kemenangan tandang terbesar sepanjang sejarah liga ini.

NOVEMBER 
4 November, Sergio Ramos membukukan golnya yang ke-100 untuk Real Madrid saat timnya ini menang 3-2 atas Inter Milan dalam Liga Champions.

16 November, Bekas gelandang Liverpool dan Barcelona, Javier Mascherano, menyatakan gantung sepatuh dalam usia 36 tahun saat bermain untuk tim Argentina Estudiantes.

25 November, Legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona, meninggal dunia pada usia 60 tahun akibat serangan jantung.

DESEMBER
10 Desember, Legenda Italia, Paolo Rossi, meninggal dunia dalam usia 64 tahun karena penyakit kronis. Rossi menjadi pahlawan saat mengalahkan Brasil 3-2 dalam final Piala Dunia 1982.

12 Desember, Borussia Dortmund memecat Lucien Pavre sehari dihajar 1-5 oleh VFB Stuttgart pada pertandingan Liga Jerman pekan ke-11.

17 Desember, Robert Lewandowski dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA 2020 setelah menyisihkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

22 Desember, Lionel Messi memecahkan rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam satu klub. La Pulga cetak gol ke-644 bersama Barcelona ketika menang 3-0 atas Valladolid.

24 Desember, PSG memecat Thomas Tuchel karena isi wawancara sang pelatih bersama Sport1 yang dianggap menyudutkan klub kaya raya Prancis itu.

27 Desember, Robert Lewandowski dipilih menjadi Pemain Terbaik Globe Soccer Award 2020, Hansi Flick Pelatih Terbaik dan Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Abad Ini.

Baca juga: MotoGP 2020 : Lahirnya jawara-jawara baru!

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar