Tahap pertama seluas 8000 meter dari 2 hektare yang dapat menampung sekitar 1500 petak makam
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  tengah menyiapkan lahan pemakaman baru bagi jenazah COVID-19 di kawasan utara Jakarta tepatnya di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan.

"Kami sedang mengupayakan sebaik mungkin lahan baru pemakaman bagi korban COVID-19 di TPU Rorotan di Kelurahan Rorotan, kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Tahap pertama seluas 8000 meter dari 2 hektare yang dapat menampung sekitar 1500 petak makam," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab pertanyaan masyarakat lewat unggahan instagramnya @bangariza, Kamis.

Baca juga: Pondok Ranggon rujuk pemakaman jenazah COVID-19 di TPU lain

Lebih lanjut,  sudah ada 1500 petak makam yang dapat digunakan, ke depannya Pemprov DKI Jakarta masih akan mematangkan lahan seluas 25 hektare di TPU Rorotan.

Baca juga: Penggali makam jenazah COVID-19 di Jakarta mulai tak bersemangat

"Kami akan terus melakukan pematangan lahan di TPU Rorotan yang luasnya 25 hektare. Semua sedang kami koordinasikan setiap pagi hingga sore, semoga dalam waktu cepat sudah bisa digunakan," ujar Riza.

Ia pun berharap agar tidak ada kendala dalam penyediaan lahan baru untuk makam jenazah COVID-19 sehingga seluruh lapisan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik.

Baca juga: DKI izinkan jenazah COVID-19 dimakamkan di luar TPU khusus

Sebelumnya, TPU Pondok Ranggon diketahui telah mencapai batas untuk menerima pemakaman baru jenazah COVID-19.

Kapasitas TPU sudah penuh, dari yang sebelumnya tersedia 1,6 hektare lahan kosong saat ini seluruhnya telah terisi.

TPU Pondok Ranggon pun saat ini hanya menerima pemakaman dengan sistem tumpang untuk jenazah COVID-19 yang sebelumnya memiliki keluarga yang telah dimakamkan di TPU itu.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020