GTPP Denpasar: 20 orang sembuh dari COVID-19 di Denpasar

id Pemkot Denpasar, Pasien Sembuh Covid-19,Prokes, Covid-19

GTPP Denpasar: 20 orang sembuh dari COVID-19 di Denpasar

Ilustrasi - Petugas kesehatan melakukan tes usap terhadap pekerja pariwisata di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Senin (28/12/2020). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.

Denpasar (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar Provinsi Bali, menyebutkan sebanyak 20 orang hari ini dinyatakan sembuh COVID-19 dari 280 pasien yang masih di rawat di rumah sakit setempat.

Juru Bicara Tim GTPP Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Jumat, mengatakan tingkat kesembuhan pasien dari COVID-19 sudah mengalami peningkatan. Namun, di sisi lain juga yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah sebanyak 17 orang yang tersebar di 12 wilayah desa dan kelurahan.

Berdasarkan data GTPP COVID-19 Kota Denpasar, terjadi lonjakan kasus di dua wilayah desa/kelurahan, yakni Desa Peguyangan Kangin yang mencatat penambahan kasus tertinggi dengan empat kasus baru.

Di susul Desa Sidakarya yang mencatatkan penambahan kasus sebanyak tiga orang dan sebanyak 10 desa/kelurahan mencatatkan penambahan kasus sebanyak satu orang. Sedangkan sebanyak 31 desa/kelurahan lainnya nihil penambahan kasus.

Baca juga: Masyarakat Denpasar tak rayakan pesta Tahun Baru 2021

Baca juga: Tim Yustisi Denpasar jaring 30 orang pelanggar prokes


Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.

"Pandemi ini kita harus waspadai dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua kluster yakni kluster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi," katanya.

Guna menekan angka kematian akibat COVID-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data, secara akumulatif kasus positif tercatat 4.776 kasus. Sedangkan angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Denpasar mencapai angka 4.389 orang (91,90 persen), meninggal dunia sebanyak 107 orang (2,24 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 280 orang (5,86 persen).

Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan COVID- 19 agar bisa segera berlalu dari muka bumi, sehingga aktivitas dapat normal kembali.

"Untuk itu mari hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan lebih sering mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai.*

Baca juga: Karyawati bank BUMN yang diduga dibunuh terindikasi kena COVID-19

Baca juga: GTPP Denpasar sebut 53 orang pasien COVID-19 sembuh

Pewarta : I Komang Suparta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar