Sekjen PBB sambut hasil KTT GCC Arab Saudi

id Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres,sambut hasil ,KTT GCC Arab Saudi

Sekjen PBB sambut hasil KTT GCC Arab Saudi

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres saat konferensi pers di markas PBB New York, Amerika Serikat (20/11/2020). ANTARAREUTERS/Eduardo Munoz/aa.

PBB (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Selasa (5/1) menyambut deklarasi "solidaritas dan stabilitas" yang diumumkan pada KTT Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) yang digelar di Arab Saudi, demikian wakil juru bicara Farhan Haq.

Deklarasi itu mengakui pentingnya persatuan di antara negara-negara GCC dan memiliki tujuan untuk mempererat keamanan kawasan, perdamaian, stabilitas dan kemakmuran, kata Farhan Haq melalui pernyataan.

Guterres juga menyambut pengumuman pada Senin tentang dibukanya kembali wilayah udara, perbatasan darat dan laut antara Qatar dan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir, bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Temu puncak Dewan Kerja Sama Teluk diharapkan akhiri sengketa
Baca juga: Qatar ancam keluar dari GCC jika persyaratan tak dipenuhi


Pada Juni 2017 Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain serta Mesir memberlakukan blokade terhadap Qatar melalui akses darat, laut dan udara lantaran diduga mendukung terorisme, tuduhan yang dibantah oleh Qatar.

Guterres juga menyampaikan terima kasih kepada mereka dari pihak kawasan dan sekitarnya, termasuk mendiang emir Kuwait dan sultan Oman, yang tak mengenal lelah mengatasi perselisihan di Teluk.

Sekjen PBB meminta semua negara terkait untuk terus bertindak secara positif guna memperkuat hubungan mereka, demikian pernyataan tersebut.

Sumber: Xinhua

Baca juga: Menlu RI, Sekjen GCC bahas isu Palestina
Baca juga: Indonesia perkuat kerja sama ekonomi dengan negara-negara Teluk

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar