Mudah-mudahan pada 2024 seluruh wilayah yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi di Nunukan ini sudah terkoneksi semuanya
Nunukan, Kaltara (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) membangun 166 menara di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara untuk memperlancar jaringan di wilayah-wilayah yang belum terjangkau.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid di Nunukan, Rabu mengatakan pembangunan menara itu merupakan bantuan Pemerintah melalui Kementerian Kominfo untuk seluruh wilayah di Kabupaten Nunukan yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Baca juga: Kominfo percepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi satu dekade

"Iya memang ada bantuan dari Kementerian Kominfo untuk Kabupaten Nunukan sebanyak 166 titik yang dikerjakan bertahap mulai 2020-2024 dengan menggunakan APBN," ujar dia.

Pada 2020, Kemkominfo targetkan membangun 80 menara tetapi berhubung pandemi COVID-19 sehingga belum direalisasikan seluruhnya tetapi anggarannya dialihkan untuk 2021.

Baca juga: Anggota DPR harapkan pemerintah jangan tergesa adopsi teknologi 5G

Oleh karena itu, Bupati Nunukan mengharapkan pembangunan menara telekomunikasi yang tertunda pada 2020 akan direalisasikan pada 2021 sehingga wilayah-wilayah yang belum terjangkau jaringan dapat dinikmati masyarakat.

Mengenai lokasi pembangunan menara ini disurvei langsung oleh Kementerian Kominfo yang difasilitasi oleh Pemkab Nunukan.

"Mudah-mudahan pada 2024 seluruh wilayah yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi di Nunukan ini sudah terkoneksi semuanya," harap Asmin Laura Hafid.

Baca juga: Kominfo minta operator seluler perhatikan ketersediaan jaringan

Keberadaan menara telekomunikasi ini, dia mengharapkan akses internet bisa dinikmati oleh seluruh warga di wilayah pedalaman, perbatasan dan pulau terluar yang ada di Kabupaten Nunukan.

Pewarta: Rusman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021