KPAI dorong pemerintah tingkatkan layanan kesehatan dasar anak

id Kpai anak,kesehatan dasar,kesehatan anak,hak anak,perbaikan kesehatan

KPAI dorong pemerintah tingkatkan layanan kesehatan dasar anak

Tangkapan layar Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati saat diskusi daring di Jakarta, Kamis. ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mandorong pemerintah terutama sektor kesehatan terus memperbaiki dan meningkatkan layanan kesehatan dasar bagi anak karena selama ini dinilainya belum begitu maksimal.

"Pertama, negara memang harus hadir menyelenggarakan kesehatan agar anak memperoleh kesehatan yang optimal," kata Rita saat diskusi virtual dengan tema "Jadikan Aku Sehat, Indonesia akan Kuat" yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Baca juga: KPAI Palembang kawal penerapan PP 70 ke predator anak

Bahkan, lanjut Rita, kewajiban negara atas pelayanan kesehatan itu harus diberikan sejak anak dalam kandungan ibunya.

Sejauh ini ia menilai pelayanan dasar kesehatan bagi anak belum terlaksana dengan maksimal. Hal itu salah satunya dapat dilihat dari prevalensi stunting di Tanah Air yang masih mengkhawatirkan yakni berkisar 27 persen.

Angka tersebut melewati dari ambang batas yang ditetapkan oleh badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) yakni 20 persen.

Baca juga: KPAI: Pengumuman identitas pelaku seksual berdampak pada keluarga

"Isu stunting ini sangat berkaitan dengan pelayanan dasar," katanya.

Selain itu, KPAI juga menyoroti angka kematian bayi dan balita yang masih tinggi. Hal itu termasuk cerminan bahwa pelayanan dasar belum optimal di Indonesia.

Kemudian, kata dia, hingga kini belum semua masyarakat bisa menikmati akses dan pelayanan kesehatan yang setara. Hal itu terutama dialami masyarakat di daerah tertinggal, terdepan dan terluar serta wilayah kepulauan.

Baca juga: KPAI: Dispensasi masih jadi tantangan pencegahan perkawinan anak

Tidak hanya masalah layanan kesehatan, Rita juga menyinggung kaitan ekonomi masyarakat ekonomi lemah dan BPJS Kesehatan.

"Ini menjadi situasi yang tidak mudah kalau iuran BPJS Kesehatan dinaikkan," ujar dia.

Berangkat dari beragam persoalan pelayanan kesehatan dasar tersebut, KPAI mendorong pemerintah terutama sektor kesehatan terus meningkatkan dan memberikan kesempatan yang sama pada masyarakat.

Terakhir, bila pelayanan kesehatan dasar dipenuhi oleh pemerintah, maka cita-cita menciptakan sumber daya manusia yang unggul dapat dicapai.

Baca juga: KPAI dorong kesiapan semua pihak hadapi rencana sekolah tatap muka

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar