Sepekan, kehalalan vaksin Sinovac hingga insiden Sriwijaya Air SJ-182

id Vaksin Sinovac Halal,Sriwijaya SJ-182,Pesawat Jatuh,Pesawat Hilang Kontak,Vaksin COVID-19,Banjir Tanjungpinang,Longsor Tanjungpinang,Kasus COVID-19 Pa

Sepekan, kehalalan vaksin Sinovac hingga insiden Sriwijaya Air SJ-182

Petugas medis dr Yenny (kiri) melakukan simulasi vaksinasi COVID-19 Sinovac kepada warga penerima vaksin di Puskesmas Kampung Bali, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (8/1/2021). Simulasi itu dilakukan untuk memastikan kesiapan yang dimulai dari alur proses vaksinasi, kesiapan tenaga medis, observasi dan penerapan protokol kesehatan di puskesmas. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menjadi perhatian pengunjung Antaranews selama sepekan mulai dari pernyataan Majelis Ulama Indonesia tentang kehalalan vaksin COVID-19 produksi Sinovac, China, hingga keluarga penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang kehilangan istri dan tiga anak.

1. 3.210 warga Tanjungpinang terdampak banjir dan longsor

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang Dedy Sjufri Yusja menyatakan jumlah warga terdampak bencana alam banjir dan longsor di daerah tersebut mencapai 3.210 jiwa dari 1.018 kepala keluarga (KK).

"Total ada 80 kejadian banjir dan 27 titik rumah tergerus tanah longsor," kata Dedy di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (4/1).

2. Pangkalpinang penyumbang kasus COVID-19 terbanyak di Babel

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan Kota Pangkalpinang sebagai ibukota provinsi tersebut menjadi penyumbang terbanyak kasus positif COVID-19 di wilayah itu karena kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan menurun.

"Saat ini, Kota Pangkalpinang menjadi urutan pertama sebagai penyumbang kasus COVID-19, sehingga status ibukota provinsi ini naik menjadi zona merah," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Minggu (3/1).

3. MUI sebut vaksin Sinovac suci dan halal meski belum tetapkan fatwa

Sidang Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia belum menetapkan fatwa utuh untuk vaksin COVID-19 produksi Sinovac tetapi menyebut antivirus dari China itu terdiri dari materi yang suci dan halal.

"Fatwa utuhnya akan disampaikan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan menyampaikan mengenai aspek keamanan vaksin digunakan," kata Ketua MUI bidang Fatwa dan Urusan Halal, Asrorun Niam Sholeh, dalam jumpa pers daring Sidang Komisi Fatwa MUI yang diikuti dari Jakarta, Jumat (8/1).

4. Yaman kehilangan istri dan tiga anak dalam insiden Sriwijaya SJ-182

Salah seorang keluarga penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Yaman Zai mengaku kehilangan istri dan tiga anaknya setelah pesawat tujuan Jakarta-Pontianak tersebut dilaporkan hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

"Saya datang ke Bandara Supadio Pontianak mau jemput istri dan tiga anak saya," kata Yaman Zai sambil terisak menangis di Sungai Raya, Sabtu (9/1).

5. Pendaki asal Surabaya meninggal jatuh di jurang Gunung Rinjani

M Fuad Hasan (26), seorang pendaki asal Surabaya, Jawa Timur, ditemukan meninggal dunia oleh Tim SAR gabungan, diduga akibat terjatuh ke dasar jurang Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (3/1).

"Jenazah sudah berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan ke Puskesmas Senaru, Kabupaten Lombok Utara, sekitar pukul 16.00 Wita," kata Ketua Edelweis Medical Help Center (EMHC) Mustiadi dihubungi dari Mataram. 

Baca juga: Keluarga kru pesawat Sriwijaya di Pesisir Selatan berharap keajaiban

Baca juga: Pengamat dorong sosialisasi vaksin demi tingkatkan kepercayaan warga

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar