Sebuah birdie antarkan Harris English juara di Hawaii

id Golf,PGA Tour,Harris English

Sebuah birdie antarkan Harris English juara di Hawaii

Harris English mengangkat trofi juara turnamen golf Sentry Tournament of Champions di Kapalua Resort, The Plantation Course, Miami, Hawaii, Amerika Serikat, pada 10 Januari 2021. (REUTERS/USA TODAY/Kyle Terada)

Jakarta (ANTARA) - Harris English yang mencetak lima birdie pada delapan lubang terakhirnya untuk masuk playoff, menjuarai Sentry Tournament of Champions setelah menyisihkan Joaquin Niemann dengan satu birdie pada lubang ekstra pertama di Kapalua, Hawaii, Minggu waktu setempat.

English adalah salah satu dari tiga pemimpin klasemen babak ketiga lewat 21-under, namun dia membuat even par setelah 11 lubang di Plantation Course, Kapalua di Maui, sehingga mengalahkan Niemann yang ketat membuntutinya dengan 64 pukulan.

English hampir memastikan kemenangan pada lubang terakhir setelah melepaskan pukulan keduanya dari jarak sekitar 10 kaki dari cup pada par-5 lubang ke-18.

Baca juga: PGA tak mau lagi pakai padang golf Donald Trump
Baca juga: Karena COVID-19, PGA Tour Series China musim 2021 dibatalkan

Dia gagal memasukkan eagle putt, namun sukses mencatat birdie untuk menguntit pada 4 di bawah 69 selama hari itu dan 25 under selama turnamen ini.

Kemudian English memastikan merengkuh gelar juara PGA Tour pertamanya sejak 2013 dengan mencetak birdie dari jarak 6 kaki. Niemann sendiri melewatkan sebuah putt dari tepi itu setelah melancarkan pukulan approach-nya.

"Ini luar biasa. Kerja keras banyak sekali selama bertahun-tahun," kata English kepada Golf Channel. "Sulit sekali menang di sini."

Ini adalah juga gelar juara ketiga selama karier pegolf berusia 31 tahun yang mengawali lomba ini pada posisi 29 dalam daftar Peringkat Golf Dunia. Itu kenaikan yang luar biasa setelah terperosok ke peringkat 369 pada September 2019.

Justin Thomas menempati urutan ketiga setelah membuat 66 pukulan pada babak final. Dia mengemas delapan birdie hari itu namun menyianyiakan tiga putt dari jarak 55 kaki pada par 4 lubang ke-17.

Ryan Palmer yang mengawali laga dengan bekal sama-sama memuncaki klasemen bersama English, finis urutan keempat di 23 under setelah melepaskan total 71 pukulan. Xander Schauffele (66) dan Sungjae Im (69) sama-sama menduduki urutan kelima pada 21 under.

Dustin Johnson yang bermain untuk pertama sejak menjuarai Masters pada November sempat mencapai 5 di bawah 31 pada sembilan lubang pertama namun dimentahkan oleh sebuah double-bogey pada par-4 ke-12. Dia tuntas dengan 69 pukulan.

Tournament of Champions biasanya bagi para juara tahun sebelumnya namun pada 2021 diperluas dengan memasukkan semua pegolf kualifikasi untuk Tour Championship akibat pandemi COVID-19 yang menghentikan PGA Tour musim panas lalu, demikian Reuters.

Baca juga: Pegolf Greg Norman kembali ke rumah sakit karena terinfeksi COVID-19
Baca juga: Kim setia bermasker dan tak mau buru-buru pulang ke Korsel


 

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar