Palu (ANTARA) - Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola dan Rusli Baco Dg Palabbi dinyatakan sembuh dari infeksi COVID-19.

Juru Bicara Gubernur Sulteng selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng Moh. Haris Kariming, menerangkan kepastian itu diperoleh dari hasil pemeriksaan sampel usap (swab) terakhir keduanya yang terkonfirmasi negatif COVID-19.

"Pada Sabtu (9/1) mereka menjalani tes usap (swab) polymerase chain reaction (PCR) dan sampelnya diambil untuk diperiksa oleh tim Laboratorium Kesehatan (Labkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng. Ahad (10/1) pukul 23.00 WITA, hasilnya keluar dan terkonfirmasi negatif COVID-19," katanya di Kota Palu, Senin.

Ia menyebut sampel yang terkonfirmasi negatif COVID-19 dari hasil pemeriksaan tersebut bukan hanya keduanya, tapi juga Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulteng Haris Kariming dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng Richard Arnaldo yang juga sebelumnya dinyatakan terpapar COVID-19.

Baca juga: BPK temukan permasalahan penanganan COVID-19 oleh pemda di Sulteng

Baca juga: Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah terpapar COVID-19


"Khusus Gubernur Sulteng telah melalui dua kali tes usap (swab). Pertama pada Sabtu (9/1) yang diperiksa di Labkes Dinkes Sulteng dan kedua di Labkes Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu pada Ahad (10/1), dan hasil pemeriksaan kedua sampel itu negatif COVID-19," ujarnya.

Meski telah sembuh, lanjut Haris, keduanya dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemprov Sulteng yang dinyatakan telah sembuh tetap menjalani isolasi mandiri dan menjalankan roda pemerintahan dari rumah jabatannya.

"Meski telah terkonfirmasi negatif COVID-19 mereka tetap menjalani isolasi mandiri hingga 10 hari ke depan berdasarkan protokol kesehatan pencegahan da penularan COVID-19 Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Longki Djanggola dan Rusli Baco Dg Palabbi diketahui terpapar COVID-19 pada Selasa sore (5/1) setelah keduanya menjalani tes usap (swab) PCR pada Senin (4/1).

Meski terpapar COVID-19 mereka tetap menjalankan roda pemerintahan dari rumah jabatan masing-masing, tempat di mana mereka diisolasi.*

Baca juga: Kasus sembuh COVID-19 harian di Sulteng cetak rekor tertinggi

Baca juga: Dinkes Sulteng: Vaksin COVID-19 diprioritaskan untuk nakes Kota Palu


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021