150 warga Menteng Dalam Jakarta Selatan mengungsi karena kebakaran

id kebakaran jakarta

150 warga Menteng Dalam Jakarta Selatan mengungsi karena kebakaran

Kebakaran terjadi di pemukiman warga Jalan Rasamala Kelurahan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (13/1/2021). ANTARA/HO-Damkar Jaksel/am.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 150 warga terdiri atas 60 kepala keluarga (KK), Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan mengungsi untuk sementara ke kantor kelurahan dan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Rasamala karena kebakaran di kawasan itu, Rabu.

"Lokasi pengungsian sementara di Kantor Kelurahan Menteng Dalam dan RPTRA Rasamala," kata Camat Tebet Dyan Airlangga, di Jakarta, Kamis.

Kebakaran terjadi di Jalan Rasamala 3, RT 06/RW 013, Kelurahan Menteng Dalam, pada Rabu (13/1) sekitar pukul 17.27 WIB.

Sebanyak 19 unit mobil Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Selatan dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan korbaran api.

Sekitar pukul 19.00 WIB upaya pemadaman berhasil dilakukan terhadap sekitar 20 unit lebih bangunan rumah warga yang terbakar.

Baca juga: Kebakaran di Bidara Cina Jatinegara, 15 mobil Damkar berhasil padamkan

Api diduga berasal dari korsleting listrik salah satu rumah warga.

Lurah Menteng Dalam, Rahmat Mulyani menyebutkan sebanyak 20 unit bangunan terdiri atas 30 pintu terkena dampak kebakaran dengan perkiraan kerugian mencapai Rp1,5 miliar.

"Warga diungsikan ada 150 orang, tempat pengungsian ada di Gedung Bulu Tangkis Bank Mandiri dan RPTRA Rasamala," kata Rahmat.

Pihak kelurahan juga sudah mendirikan dapur umum untuk membantu mereka dengan menyediakan makanan untuk warga dan juga petugas lapangan.

Rahmat menambahkan, sejumlah bantuan sudah disalurkan kepada warga, di antaranya tenda, selimut, bahan makanan, terpal, mukena, sarung dan perlengkapan bayi.

Baca juga: Gesit, Gulkarmat Jakbar tangani 333 kasus kebakaran sepanjang 2020

"Bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DKI Jakarta," ujarnya.

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar