Kepala BNPB-Mensos ke Mamuju kunjungi lokasi gempa Sulawesi Barat

id Gempa Sulawesi Barat,Doni Monardo,Penanggulangan Bencana,Mamuju,BNPB,Mensos

Kepala BNPB-Mensos ke Mamuju kunjungi lokasi gempa Sulawesi Barat

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kanan) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (dua kiri) berangkat ke Mamuju, Sulawesi Barat untuk mengunjungi lokasi gempa, Jumat (15/1/2021). ANTARA/Pusdatinkom BNPB.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini berangkat menuju Mamuju, Sulawesi Barat setelah mendengar kabar terjadi gempa di wilayah tersebut.

"Pagi tadi, Kepala BNPB yang sudah bersiap melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bersama sejumlah anggota Komisi VIII DPR, kemudian langsung mengubah rencana ke Mamuju," kata Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Egy mengatakan Doni juga menginstruksikan empat helikopter untuk menuju lokasi bencana di Sulawesi Barat.

Gempa dengan magnitudo 6,2 terjadi pada Jumat dini hari pukul 01.28 WIB, enam kilometer Timur Laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pada koordinat 2,98 lintang selatan dan 118,94 bujur timur.

Hingga pukul 11.10 WIB, dilaporkan delapan orang meninggal dunia, kurang lebih 637 orang luka-luka, dan kurang lebih 15.000 orang mengungsi. 

Baca juga: Banyak korban terhimpit runtuhan bangunan, Sulbar butuh bantuan cepat

Baca juga: Penduduk Mamuju mulai kesulitan air dan makanan

Baca juga: Kemensos kirim bantuan tangani gempa di Sulawesi Barat

Baca juga: BMKG imbau waspada potensi tsunami akibat gempa susulan di Majene

 

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar