Ulama kharismatik Lebak dukung Komjen Listyo calon Kapolri

id Listyo Sigit Prabowo,KH Hasan Basri

Ulama kharismatik Lebak dukung Komjen Listyo calon Kapolri

Ulama kharismatik Kabupaten Lebak KH Hasan Basri mendukung Komisaris Besar Listyo Sigit Prabowo calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). 

Lebak (ANTARA) - Ulama kharismatik Kabupaten Lebak KH Hasan Basri mendukung calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Besar Listyo Sigit Prabowo menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun.

"Kami tidak mempermasalahkan soal agama, karena tidak melanggar Undang-Undang juga sebelumnya pernah Kapolri dijabat beragama nasrani yakni Jenderal Widodo Budidarmo pada masa 1974-1978," kata Anggota Komisi Fatwa MUI Banten di Lebak, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya mendukung jenderal bintang tiga lulusan Akpol tahun 1991 ini merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Wakapolri: Saya dukung penuh Komjen Sigit

Selama ini, rekam jejak Komjen Listyo Sigit selama menjabat Kapolda Banten cukup baik dan adil dalam menegakkan supremasi hukum.

Selain itu juga hubungan dengan ulama dan kiyai sangat dekat juga kondisi keamanan Banten kondusif dan damai.

Padahal, kata dia, sebelumnya ulama Banten menolak Listyo menjadi Kapolda Banten, karena menganut non-muslim itu.

Dia mengungkapkan saat menjabat Kapolda Banten dapat melaksanakan tugas dengan baik juga dekat hubungan dengan ulama dan kerapkali mendatangi masjid dan pondok pesantren.

"Kami tentu mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kabareskrim Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri tunggal yang diajukan ke DPR," katanya menjelaskan.

Baca juga: MPS Banten sebut Komjen Listyo Sigit sosok peduli pesantren

Menurut dia, dalam ajaran Islam diperbolehkan pejabat dipimpin oleh non-muslim sepanjang itu tidak memerangi atau menimbulkan kerusakan ditambah juga Indonesia bukan negara Islam.

Komjen Listyo sangat layak menjadi Kapolri baik dari karir kepangkatan juga bekerja lebih profesional dan memiliki prestasi dibidang kepolisian.

Sosok Komjen Listyo Sigit membudayakan silaturahmi dan meminta nasihat para kiai, ulama dan tokoh masyarakat dalam membangun keamanan.

Apabila, Komjen Listyo Sigit lulus uji fit and proper test di DPR yang dilaksanakan Rabu (20/1) dan dipastikan akan dilantik sebagai Kapolri.

"Kami tidak meragukan lagi figur Komjen Listyo Sigit untuk memimpin Polri guna mewujukdan keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya menjelaskan.

Baca juga: Ulama Banten yakin Komjen Sigit amanah amankan negara

Pewarta : Mansyur suryana
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar