Kopaska dan Dislambair Koarmada II bantu penanganan banjir di Kalsel

id Lanal banjarmasin, panglima TNI, banjir kalsel, kasal, TNI AL

Kopaska dan Dislambair Koarmada II bantu penanganan banjir di Kalsel

TNI Angkatan Laut membantu penanganan banjir di Kalsel. ANTARA/Firman/aa.

Banjarmasin (ANTARA) - Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) Komando Armada II dikerahkan TNI Angkatan Laut untuk membantu penanganan banjir di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Tim SAR Pangkalan TNI AL Banjarmasin mendapat bantuan personel dan material dari Satuan Kopaska dan Dislambair Koarmada II sebanyak lima unit perahu karet bermotor tempel," ujar Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, Ahad.

Kopaska dengan Dantim Letda Laut (S) Rahmad Hadi Mulyono itu membantu pelaksanaan SAR sampai kondisi benar-benar kondusif.

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono juga telah mengirimkan 1.000 paket bantuan bahan makanan dan sembako untuk didistribusikan oleh Lanal Banjarmasin langsung terhadap masyarakat yang korban banjir.

Baca juga: Jembatan Mataraman kembali putus jalur Trans Kalsel-Kaltim lumpuh

Baca juga: Lima orang tewas akibat tanah longsor di Tanah Laut
Kolonel Marinir Nur Azis sebagai Dansatgas SAR Pangkalan TNI AL Banjarmasin menyerahkan bantuan dari Kasal. (ANTARA/Firman)


Kolonel Marinir Nur Azis sebagai Dansatgas SAR Pangkalan TNI AL Banjarmasin menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kasal kepada posko waspada banjir di Stadion Demang Lehman Martapura dan Posko Satgas banjir di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

"Tim dari Pangkalan TNI AL Banjarmasin juga menyalurkan bantuan dari Kasal kepada masyarakat yang terisolasi oleh banjir di pedalaman, sehingga dapat membantu di sana juga" kata Nur Azis.

Sebelumnya Satgas Kemanusiaan atas perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengirimkan 27 prajurit Korps Marinir TNI AL membawa serta delapan perahu karet, delapan motor tempel, 16 tangki bahan bakar, 32 dayung dan alat selam empat set, alat mountenering dua set, HT Motorolla 12 set serta 27 swimvest.

Danlanal Sandharianto menegaskan satgas banjir telah dibentuk dan personelnya terlibat secara langsung membantu BPBD Kalsel untuk membantu evakuasi dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Tiga buah sekoci, dua truk besar dan satu mobil double cabin diluncurkan beserta sejumlah personel yang dibagi menjadi 3 tim untuk membantu daerah banjir di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.*

Baca juga: Dua kecamatan di Tanah Laut hilang disapu banjir

Baca juga: Pemkab Barito Utara turunkan tim, bantu korban banjir Kalsel

Pewarta : Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar