Kalau secara teknis kita sudah siap tempat pelayanan sudah kita tunjukkan termasuk pelaksanaan sudah disiapkan
Mukomuko (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 1.620 orang tenaga kesehatan setempat mendapatkan vaksin COVID-19 tahap pertama tahun ini.

“Sebanyak 1.620 nakes di daerah ini yang mendapatkan jatah pertama vaksin COVID-19 dari pemerintah provinsi,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Baca juga: 1.114 nakes di Kota Kupang mulai terima vaksin tahap pertama

Bustam Bustomo yang juga sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengatakan saat dihubungi sedang melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Bantal, Kecamatan Teramang Jaya.

Ia mengatakan, sebanyak 1.620 tenaga kesehatan di daerah ini mendapatkan sebanyak 3.240 dosis vaksin COVID-19, atau setiap tenaga kesehatan ini mendapatkan dua dosis vaksin.

Baca juga: Sekitar 475 nakes di Yogyakarta sudah divaksin COVID-19

Terkait dengan pendistribusian vaksin COVID-19, ia mengatakan, pihaknya sampai sekarang masih menunggu petunjuk provinsi. Kalau gambaran sementara pelaksanaan pendistribusian vaksin COVID-19 di awal bulan Februari 2021.

Ia menyatakan, saat ini pemerintah daerah setempat telah bersiap menunggu distribusi vaksin COVID-19 tersebut dari pemerintah provinsi ke Kabupaten Mukomuko.

Baca juga: Pemkot Jakbar targetkan 18.636 nakes dapat vaksin COVID-19

Sementara itu, pemerintah setempat telah menyiapkan sebanyak 19 tempat pelayanan vaksinasi COVID-19, yang meliputi Puskesmas, rumah sakit umum daerah, dan markas kepolisian resor.

"Kalau secara teknis kita sudah siap tempat pelayanan sudah kita tunjukkan termasuk pelaksanaan sudah disiapkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa ada 124.097 orang di 15 kecamatan yang diusulkan menjadi sasaran vaksinasi COVID-19.

Sasaran vaksinasi, menurut dia, paling banyak warga berumur 25 sampai 29 tahun (19.114 orang) dan paling sedikit warga berumur 55 sampai 59 tahun (96.663 orang).

Pada tahap pertama vaksinasi, ia melanjutkan, vaksin COVID-19 rencananya akan diberikan kepada 1.993 orang yang terdiri atas pegawai Dinas Kesehatan, petugas Puskesmas, pegawai RSUD Mukomuko, petugas kepolisian resor, dan personel TNI.
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021