Tito Karnavian ajak Listyo Sigit kerja sama kawal sidang Pilkada di MK

id Sidang MK,sidang sengketa Pilkada,konflik,keamanan nasional,Menteri Dalam Negeri,Tito Karnavian,Listyo Sigit Prabowo,calon Kapolri

Tito Karnavian ajak Listyo Sigit kerja sama kawal sidang Pilkada di MK

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat ditemui usai rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021). (ANTARA/ HO-Puspen Kemendagri)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan sempat mengajak calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk bekerja sama mengawal sidang sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Mahkamah Konstitusi.

Ajakan itu disampaikan Tito saat Listyo Sigit mengunjungi kediamannya yang terletak di Komplek Kepolisian Indonesia Ragunan, Jakarta Selatan, Senin pagi.

"Tadi pagi jam 08.00 WIB lewat sedikit, pak Sigit ke kediaman saya dengan ibu Sigit. Kemudian saya menyampaikan mohon dukungan juga kepada pak Sigit, karena ini salah satu tugas Kementerian Dalam Negeri. Pilkada yang sudah kita lalui, masih ada ekor-nya ya, sengketa di MK. Kita jaga jangan sampai terjadi konflik," kata Tito saat ditemui di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Senin.

Tito mengatakan Kemendagri memerlukan kerja sama dan dukungan dari semua pemangku kepentingan (stakeholders) terkait, termasuk juga institusi Polri untuk menjaga keamanan nasional usai penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 silam.

Baca juga: Komisi III tanyakan rekam jejak Listyo Sigit pada Kompolnas

Baca juga: Tito Karnavian dukung Jokowi ajukan Listyo Sigit jadi Kapolri


Selain berbicara soal kerja sama dalam menjaga keamanan nasional pasca-Pilkada, Tito juga membahas situasi keamanan di Sulawesi Tengah dan Papua serta bagaimana pesan Presiden untuk membuka iklim investasi yang kondusif.

Ia mengatakan iklim investasi yang kondusif itu perlu didukung oleh semua pihak, termasuk Kemendagri dan khususnya jajaran Pemerintah Daerah.

"Itu saya minta kepada pak Sigit untuk juga sama-sama membangun iklim itu, jangan sampai ada pungutan liar yang bisa menghambat investasi," ujar Tito.

Baca juga: Mendagri sebut Komjen Sigit orang cerdas dan tegas

Baca juga: Kompolnas beri masukan Komisi III terkait rekam jejak Listyo Sigit

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar