Pelindo III percepat pembangunan terminal serbaguna di Labuan Bajo

id Pelindo III, Labuhan Bajo,terminal labuan bajo

Pelindo III percepat pembangunan terminal serbaguna di Labuan Bajo

Kiri-Kanan : Pemimpin Proyek Investasi Strategis Labuhan Bajo Pelindo III Mukhammad Fathoni, Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer, CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara I Wayan Eka Saputra saat melakukan peninjauan langsung lokasi pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Sabtu (16/01). (ANTARA /H.O/A.M)

Surabaya (ANTARA) - PT Pelindo III mempercepat pembangunan Terminal Multipurpose (serbaguna) Labuan Bajo, di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kolaborasi pata pemangku kepentingan sebagai pelaksana amanah dari Menteri Perhubungan.

Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer, dalam keterangan pers di Surabaya, Jawa Timur, Senin, mengatakan pihaknya mengharapkan terminal serbaguna di Labuan Bajo rampung tahun 2021 guna mendukung program pemerintah menjadikan Labuan Bajo sebagai kawasan tujuan wisata super premium.

“Untuk percepatan proses pembangunan maka ada pembagian pembangunan yaitu sisi laut oleh Kementerian Perhubungan dengan pelaksana BUMN PT Brantas Abipraya dan untuk sisi darat dilakukan oleh Pelindo III dengan pelaksana PT Wijaya Karya," kata Saefudin.

Saefudin mengatakan secara keseluruhan pembangunan terminal serbaguna Labuan Bajo telah mencapai 85 persen dan dibangun sejak awal Agustus 2020.

Baca juga: Pelindo III targetkan terminal multipurpose dukung wisata Labuan Bajo

Sejumlah pihak, kata dia, berkontribusi dalam pembangunan terminal tersebut di antaranya Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Dukungan yang kuat juga diberikan Gubernur NTT dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat," katanya.

Ia berharap selesainya terminal tersebut akan mendorong bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi COVID-19.

"Terminal Multipurpose Labuan Bajo nantinya akan melayani kegiatan pelayanan barang dan peti kemas yang selama ini dilakukan di pelabuhan eksisting yang ada di tengah kota. Selanjutnya oleh pemerintah, pelabuhan lama akan disiapkan menjadi pelabuhan wisata untuk kegiatan penumpang guna mendukung sebagai kawasan wisata super premium," katanya.

Baca juga: Pembangunan terminal logistik Labuan Bajo ditargetkan rampung Desember

Baca juga: Kemenhub kembangkan Pelabuhan Labuan Bajo sebagai terminal penumpang


 

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar