IHSG diperkirakan bergerak mixed dengan peluang menguat pada perdagangan hari ini di tengah mayoritas katalis positif bagi pasar
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, diprediksi bergerak variatif dengan potensi kenaikan dibandingkan hari sebelumnya.

IHSG dibuka menguat 12,66 poin atau 0,2 persen ke posisi 6.334,51. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 2,87 poin atau 0,29 persen ke posisi 991,92.

"IHSG diperkirakan bergerak mixed dengan peluang menguat pada perdagangan hari ini di tengah mayoritas katalis positif bagi pasar," kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah dalam laporan yang dikutip Antara di Jakarta, Rabu.

Indeks Wall Street pada perdagangan Selasa (19/1) kemarin ditutup menguat. Sedangkan indeks bursa regional Asia hari ini diperkirakan bergerak variatif.

Calon menteri keuangan AS di pemerintahan Joe Biden, Janet Yellen, mendesak kongres untuk mendukung belanja stimulus besar-besaran demi mendorong pemulihan ekonomi yang terdampak parah akibat pandemi COVID-19.

Dalam kesaksiannya di Senat AS, Yellen juga menegaskan bahwa dirinya tidak menargetkan level tertentu untuk nilai tukar dolar terhadap mata uang lain.

Sementara itu, Presiden terpilih Joe Biden yang akan segera dilantik mengatakan, proposal paket stimulus senilai 1,9 triliun dolar AS ditujukan untuk memulihkan ekonomi dan mempercepat distribusi vaksin COVID-19.

Di sisi lain, muncul kekhawatiran seputar keamanan menjelang pelantikan Presiden Amerika Serikat hari ini waktu AS, yang dapat menjadi katalis negatif di pasar.

Presiden AS Donald Trump nampaknya tidak akan menjalankan serangkaian tradisi di pemerintahan AS sebelum pelantikan penggantinya. Trump dilaporkan akan meninggalkan Gedung Putih beberapa jam sebelum Biden dilantik menggantikannya.

Trump juga tidak akan memberikan 'tur' berkeliling Gedung Putih kepada Biden. Pelantikan Biden digelar setelah Trump berupaya sekuat tenaga menjegal saingan politiknya itu.

Dari domestik, Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terakselerasi pada kuartal II 2021. Hal tersebut dapat menjadi sentimen positif di pasar.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei melemag 87,35 poin atau 0,31 persen ke 28.546,11, indeks Hang Seng naik 166,51 poin atau 0,56 persen ke 29.808,79, dan indeks Straits Times terkoreksi 0,82 atau 0,03 persen ke 2.995,1.

Baca juga: IHSG Rabu dibuka menguat 12,66 poin
Baca juga: IHSG ditutup melemah, dipicu aksi investor jual saham yang kemahalan
Baca juga: IHSG awal pekan diprediksi bergerak variatif

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021